milan centrale

Jelajah Eropa via Kereta Api Eurorail

milan centrale

Moda transportasi kereta api di Eropa sangat nyaman dan jadwalnya tepat waktu. Untuk bepergian antar negara di Eropa menurut saya paling nyaman dengan kereta api yang bisa menjangkau hampir semua pelosok Eropa. Dengan moda transportasi pesawat terbang kita perlu waktu lumayan banyak untuk check in+bagasi, ditambah lagi umumnya airport terletak di luar kota yang tentunya makan waktu plus biaya juga untuk mencapainya. Sementara dengan kereta api bila sudah pegang tiket dan reserve seating bisa langsung boarding di stasiun kerata api yang pada umumnya terletak di tengah kota. Kekurangannya tidak bisa bawa bagasi banyak karna tempat bagasi di kereta sangat terbatas. Untuk sewa mobil harus di hitung juga cost bahan bakarnya yang lumayan mahal di Eropa.

train-swiss

reserve tiket

beberapa jalur kereta Eurorail perlu reserve seating dengan tambahan biaya antara 5 euro-10euro, kecuali Thalys, yg paling mahal reserve seating.

Bila rencana perjalanan akan mengunjungi beberapa kota atau negara, lebih nyaman bila memiliki tiket Rail Pass. Harganya disesuaikan dengan berapa negara yang akan dikunjungi dan berapa banyak jumlah hari perjalanan. Semakin banyak negara yang dikunjungi dan semakin banyak jumlah hari perjalanan tentunya harganya juga semakin mahal. Misalnya France-Swiss-Italy pass, ini berarti mengunjungi 3 negara. jumlah hari perjalanan minimal biasanya 4 hari dalam dua bulan, jadi kita bebas menggunakan kereta api selama 24 jam dan 4 hari, tidak perlu berurutan harinya, kemanapun di tiga negara tersebut. Eurorail Pass juga bisa digunakan untuk ferry dan bis pada beberapa negara. Info tentang per-kereta apian di eropa bisa dilihat di website eurorail indonesia http://www.eurobytrain.com

rail pass

ini adalah Eurorail Pass untuk 4 countries, 7 days. Saver artinya dua orang atau lebih yang melakukan perjalanan bersama, harganya akan lebih murah.

Tahun 2011 lalu kami menggunakan Eurorail Pass 4 country 7 days untuk perjalanan 14hari di Eropa. Kebetulan pas ada diskon untuk beli 6 days dapat gratis 1days….jadi dengan harga 6 days kami dapat 7 days perjalanan. Tiket di beli di Eurorail Indonesia di daerah Kemang, Jakarta. Sampai di bandara Schippol, Amsterdam, kami langsung validasi tiket kereta dan reserve untuk perjalanan Amsterdam – Paris.

Amsterdam Centraal Station

ini foto station Amsterdam Centraal sekitar jam 6.30 pagi, kita reserved kereta jam 8 pagi ke Paris, ternyata pas dapat blue hour.

Hari-1: dari Amsterdam ke Paris dengan TGV Thalys, kereta api cantik warna merah khusus jalur Amsterdam-Brussel-Paris.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Thalys, high-speed train gabungan antara perusahaan kereta api Belanda, Perancis, Jerman dan Belgia. Thalys  melewati jalur kota-kota Amsterdam, Brussel, Paris. Amsterdam Centraal menuju Paris Gare du Nord ditempuh dalam waktu 3 jam.

thalys 17

Ini adalah peron 17 tempat kita naik kereta Thalys. Gerbongnya akan berhenti tepat di tulisan ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

sekitar jam 11 am sampai di Paris gare du Nord.

paris view

 

Paris view dari puncak Eiffel Tower

eiffel dusk

 

Senja di Paris, diambil dari seberang Seine river.

Hari-2: Paris ke Luzern, Swiss via Basel dengan TGV Lyria. Dari Paris gare de l’Est jam 8.20am sampai di  Basel SBB jam 11.56am.

train to venezia

TGV Lyria Paris-Basel perlu reserve seat sementara dari Basel ke Luzern tidak perlu reserve. Transit di Basel sekitar 30 menit, bisa langsung cari peron untuk kereta yang ke Luzern, dan langsung naik kereta yang ada. Jadwal kereta ada di booklet eurorail sudah termasuk dalam tiket pass yang kita beli, atau bisa download ke website eurorail.

keppelbruck

 

Kappellbrucke di Lake Luzern.

Hari-3: Luzern – Interlaken – Luzern dengan jalur Golden Pass Line, kereta panoramic dengan jendela yang lebih besar dari kereta biasa.

goldenpass route

trainswissLuzern ke Interlaken lalu ke Jungfraujoch, naik kereta menembus gunung, sampai di stasiun tertinggi di puncak gunung Jungfrau (3500 m)..tapi tiket kereta ke Jungfrau ini tidak termasuk dalam EurailPass tapi karena penasaran kita beli juga itu tiket ke Jungfrau yang lumayan mahal, tapi tidak menyesal karena pemandangan sepanjang perjalanan ke Jungfrau di musim dingin itu sangat spektakuler…

Hari-4: Luzern – Zurich – Luzern, ditempuh dalam waktu satu jam. Setelah kurang lebih 5 jam melihat2 kota Zurich sorenya kami kembali ke Luzern.

to zurich

 

zurich train station

 

Stasiun Zurich tampak depan.

Hari-5: Luzern ke Venezia St Lucia, Italy via Milan, dari Luzern kereta berangkat jam 8.18am tiba di Venezia St Lucia jam 3.10pm.

milan-centrale

ini adalah Milan Centrale, dari Luzern transit 1,5 jam di Milan lalu lanjut perjalanan ke Venezia Santa Lucia, Italy.

train

tempat bagasi di kereta sangat terbatas, biasanya di ujung gerbong.

train

tempat duduk 1st class, kalau yang 2nd class berjejer 2-2. Untuk usia 26 th keatas mau ngga mau harus beli Pass yang 1st class.

rialto

 

Public transportation di Venezia, ada waterbus Vaporetto, water taxi, dan gondola.

 

ticket venezia

Keluar dari stasiun St Lucia Venice langsung antri booth beli tiket Vaporetto, water bus untuk menuju hotel.

Hari-6: Venezia – Firenze – Pisa – Firenze. Dari Venice St Lucia jam 9.27am sampai di Firenze Santa Maria Novella jam 11.30. Chek in hotel+koper di hotel dekat stasiun lalu langsung ke stasiun lagi untuk ke Pisa. Kereta api dari Firenze ke Pisa satu jam, sampai di Pisa jam 2.30pm lalu jam 5pm kembali ke Firenze.

train italy

kereta hi-speed Trenitalia dari Venezia ke Firenze.

pisa

Leaning Tower, menara miring Pisa

pisa centrale

Pisa Centrale. Dari stasiun Pisa ini masih jalan kaki 40 menit untuk sampai ke kawasan Menara Miring Pisa. Kota Pisa masuk dalam Unesco World Heritage.

Hari-7: Firenze – Roma, dari Firenze jam 14.10 sampai di Roma Termini jam 15.45 dengan kereta hi-speed.

duomo firenze

Duomo di Firenze waktu malam hari terang benderang dengan sinar lampu.

spqr

SPQR adalah lambang Roma, singkatan dari Senatus Populus que Rome, artinya “The Senate and People of Rome”

roma

salah satu sudut kota Roma.

Setelah 3 hari di Roma kami kembali ke Jakarta. Perjalanan ke Eropa ada baiknya beli tiket pesawat open jaw, jadi masuk dan keluar lewat negara/rute yang berbeda untuk menghemat waktu dan biaya transportasi mengulangi rute balik yang sama.

Kami berangkat dari Jakarta masuk Eropa via Schippol Amsterdam dan keluar Eropa lewat Roma Leonardo da Vinci Fiumicino.

20 thoughts on “Jelajah Eropa via Kereta Api Eurorail

  1. putri says:

    siang…salam kenal saya dgn putri

    mau sharing mba…mungkin mba bisa bantu. Akhir bulan ini saya ada rencana masuk zurich – lucerne – milan – venive – roma. tapi visa blm keluar hhehee..trus saya perlu beli eororail gak?

    lalu untuk swiss pass perlu juga gak?

    tks sebelumnya

    Like

  2. putri says:

    hai mba salam kenal aku putri

    mau tanya2 boleh? aku ada rencana masuk dari zurich. nah itin aku rencana zurich – luzern – milan – venive – rome. Nah saran mba gimana aku harus belu eurorail pass atau ngeteng?
    Swiss pass apa harus beli juga ya? tks mba

    Like

    • sugar 'n spice says:

      halo putri..
      saya pernah juga itu 3 hari sebelum berangkat visa baru keluar.. karena sdh mepet banget jadi terpaksa beli euro rail pass

      kalau faktor harga menjadi pertimbangan mungkin putri bisa cek dulu harga tiket kereta ketengan.. swiss rail di website http://www.sbb.ch/en/home.html

      italy rail ada 2 website dengan trenitalia di http://www.trenitalia.com/tcom-en atau dengan saingannya trenitalia, italo treno http://m.italotreno.it/

      kadang suka ada diskon kalau beli di web nya..
      Beli ketengan keuntungannya kita bisa bebas berubah itinerary.

      Tapi kalau tdk mau repot dan sudah fix itinerary nya mungkin lebih nyaman beli eurorail pass.. jangan lupa reserved dulu beberapa jalur yang padat seperti luzern – milan.
      milan – venice dan venice- roma .. dan ada tambahan biaya reserved sekitar 5-10 euro.
      jalur zurich – luzern tdk perlu reserved, langsung naik kereta nya saja.

      Kalau mau jalan keliling swiss, beberapa jalur tidak di cover eurorail pass jd musti beli lagi.. seperti jalur ke Jungfrau joch tdk bisa pakai eurorail pass.

      Putri bisa cek website man on seat 61 http://www.seat61.com/Europe-train-travel.htm banyak informasi per kereta apian di web itu.

      mudah2 an bisa menjawab pertanyaan ..
      selamat liburan ya..

      -ambar-

      Like

  3. Lina says:

    Hai mba, salam kenal. Saya rencana bepergian dgn rute yg hampir mirip dgn mbak. Amsterdam – Paris – Lucerne -Milan – Venice – Milan – Roma. Pertanyaan saya:
    1. Apakah sebaiknya saya menggunakan eurail atau tiket kereta ketengan?
    2. Apakah kalau pakai eurail hrg jg akan bervariasi dalam arti semakin mahal makin mendekati hari H?
    3. Eurail yg harus dibeli global pass atau pass jenis lain?

    Mohon petunjuknya ya mbaa..

    Thanks,
    Lina

    Like

    • sugar 'n spice says:

      Hai Lina.. salaam kenal jugaa..
      Aku coba bantu sebisa nya yaa tentang per kereta apian di Eropa.

      1. Kalau untuk kenyamanan dan kemudahan memang paling pas pakai Eurorail pass.. apalagi kalau keluar visa nya mepet dengan tanggal berangkat seperti saya kmrn itu visa baru keluar 3 hari sebelum tanggal berangkat.. jd saya cari praktisnya beli Eurail pass 4 country untuk 5 hari perjalanan..

      ..tapi kalau memang rencana travelingnya bisa diatur jauh2 hari akan lebih ekonomis, lebih murah kalau beli tiket lewat langsung online, harga tiket kereta api di Eropa bila kita beli jauh2 hari harga promonya bisa 70persen dari harga normal. Ini kebetulan saya lagi di Barcelona, saya kmrn dapat tiket Barcelona-Cordoba seharga 39euro, harga normalnya sekitar 119 euro.. (jarak antarkota kurleb 800an km).. murah banget

      tapi kalau beli tiket ketengan seperti itu memang perlu sedikit repot cek-cek harga di website

      2. Eurail pass harga fix kapan aja kamu belinya. Harga pass bisa beda2 sesuai dengan berapa hari perjalanan dgn kereta apinya dan berapa negara yg akan dikunjungi.
      Ada biaya tambahan juga untuk tiap tiket reservasi sebesar 10euro per tiket.

      3. Kalau sesuai itinerary diatas, akan mengunjungi 4 country dan minimal 5 kali perjalanan dgn kereta api.. 1) Amsterdam-Paris ; 2) Paris – Lucerne; 3) Lucerne – Milan ; 4) Milan-Venice-Milan ; 5) Milan-Roma ..
      satu hari perjalanan dihitung 24 jam bebas naik kereta

      Kurang lebih begitu yg saya tahu.. oh iya tiket Eurorail harus beli di luar negara Europe dan jangan lupa validasi tiket di cap, tulis nama dan nomer paspor di tempat kedatangan nanti di Eropa nya yaa..

      Selamat jalan jalaan..

      Like

    • Tissa says:

      Hallo mba salam kenal. Saya ada rencana dari amsterdam ke zurich. Sebaiknya menggunakan kereta apa ya mba. Dan dari stasiun mana aja. Terima kasih

      Like

      • sugar 'n spice says:

        Hai Tissa.. salaam kenal jugaa..

        Kamu dari Amsterdam direct ke Zurich atau mau mampir mampir dulu? Karena lumayan jauh jaraknya, sekitar 8,5 jam perjalanan di kereta.
        Pakai pesawat bisa lebih cepat.. tapi kalau mau pakai kereta bisa ambil jadwal kereta malam jadi kamu bisa tidur di kereta, hemat waktu dan biaya hotel. Kekurangannya yaa kamu ngga bisa lihat pemandangan di luar.. gelaap..

        harga tiket bisa lihat dan beli di link ini http://www.sbb.ch/en/home.html
        Itu adalah link online nya SBB Train, perusahaan kereta api Swiss.

        semoga bisa membantu..
        -ambar-

        Like

  4. iin says:

    hai…tanya dong:

    1. tentang trip ke London dong.. apa sudah pernah kesana?
    2. kalau mau ke europe, apakah beli tiket dulu baru urus visa atau urus visa dulu baru beli tiket?
    3. kalau trip seperti yg diatas (beberapa negara sekaligus),..berapa visa yg diurus dr jakarta?
    thanks

    Like

    • sugar 'n spice says:

      hai juga..

      1. ke London saya belum pingin hehe
      2. syarat bikin visa salah satunya musti ada booking-an tiket.. jd musti booked tiket dulu sebelum urus visa, sayang uangnya kalo visa di tolak
      3. trip saya kemarin satu visa Schengen saja.. ke Eropa sebagian besar masuk pakai Visa Schengen (Belanda, Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Swiss, Austria, dll) kalau mau ke London, Inggris beda lagi visa-nya tdk termasuk visa schengen.

      Schengen kalo ngga salah ada 26 negara Eropa.

      semoga bs menjawab pertanyaannya ya..
      -ambar-

      Like

      • iin says:

        Haii tanya lagi yahhh.. mungkin gak visa kita ditolak setelah udah beli tiket pesawat?
        Lalu… visa schengen itu biayanya berapa yahhh
        Terimakasih

        Like

      • sugar 'n spice says:

        Bisa ajaa sih ditolak…biasanya karna tanggal expired passport kurang dari 8 bulan, atau mungkin jg jaminan rekening bank nya kurang meyakinkan… tapi biasanya sih kalau semua syarat2 sdh dilengkapi pasti dapat deh visa nya..
        persyaratan dan biaya coba browsing di web kedubes tempat kamu mau pergi…biasanya sih apply visa lewat embassy perancis, belanda atau italy.

        Untuk biaya terakhir saya dapat visa lewat kedubes Italy di bulan april 2014 itu sekitar 1 jt an.. kalau pakai agen kurang lebih 1,6 jt …

        Seperti ituu….😊

        Like

  5. Sabatiana Adenan says:

    Hallo mas and mbak….boleh nggak minta share untuk cara pemesanan ticket open jaw nya???…. saya berencana akan melakukan perjalanan yg sama dgn yg anda ceritakan diatas hanya belum tahu persis untuk cara mendapatkan tiket open jaw nya…..kiranya bisa share dan sebelumnya terimakasih atas bantuannya…

    Like

    • sugar 'n spice says:

      haloo jugaa..
      untuk tiket saya biasanya beli langsung di website airlines. nanti ada pilihan tiket return, single atau multiple destination/multicity…nah pilih yg multicity, isi tanggal dan tujuan perjalanan nanti akan keluar jadwal dan biayanya. Atau bisa juga pesan lewat travelbiro yang biasa dipakai.
      Mudah2 an bs membantu, kalau kurang jelas jgn segan2 bertanya daripada nanti tersesat dijalan..😄
      -ambar-

      Like

      • Anonymous says:

        Makasih atas jawabannya yg cepat mbak Ambar…… aku tadi browse Nusa Trip…lalu kucari the best rate utk brkt dan juga best rate utk pulang via tempat yg beda dan lalu aku kontak direct via web ke masing2 airlines yg yg punya best rate tsb……. hasilnya bisa lebih murah drpd kalau pake hanya ke satu airlines dan minta multicity tiket….tapi mmg airline brkt sama pulang jd beda….misal brkt pakai China Southern yg termurah dari Jkt – Amsterdam…..lalu pulang dari Rome – Jkt pake Srilankan yg termurah……Kalau pakai combine airlines per hari ini bs dpt US$ 1.194.71, tapi kalo misal aku hanya pakai satu airline misal pp pakai China Southern dgn multicity tiket harganya diatas US$ 2.000.00….. jauh kan….. betul tidak logiku kalau pakai cara combine spt itu??…. Atau ada plus minusnya??….. please share if you know??….

        Like

      • sugar 'n spice says:

        Iya memang harga airlines per berangkat dan pulang beda2.
        Saya biasanya nunggu diskonan nya emirates atau qatar, kmrn baru dpt 910usd utk tiket open jaw jkt-roma, venice-jakarta. Yah musti rajin browsing demi tiket murah..hehe

        Like

      • Anonymous says:

        Iya nih…. cuma krn ini perjalanan bisnis and leasure jd agak susah… krn ada tanggal tertentu yg aku harus ada di Jemarn dan gak boleh ditawar tanggalnya sementara aku harus combine dgn tiket Eurail pass yg per Januari 2013 France sdh gak masuk…. jd Ke France harus pesan tiket sendiri atau beli Global Pass yg lbh mahal…. hmmm…. kalo mau murah mmg kudu agak mumet??.. ha ha ha…..thanks y mbak untuk share nya…btw mbak Ambar pesan hotelnya browse sendiri atau ambil dari daftar yg ada di Eurail pass offer??….

        Like

      • sugar 'n spice says:

        Memang cost terbesar itu di transportasi. Kalau malas sewa mobil (seperti saya) pilihannya naik kereta api, pesawat atau bus..bus paling murah tapi paling lama juga sampainya..yaah memang ada kekurangan dan kelebihannya, tapi intinya enjoy sajalah..kalau boleh saran, buat itinerary yang simpel jd bs dapat pengalaman yang maksimal di satu kota daripada memaksakan ke banyak tempat wisata tapi cuma lewat saja.
        Untuk hotel saya pakai booking.com atau venere yang bayarnya nanti pas kita dihotel tsb.
        Okai..happy hunting dan good luck yah..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s