AMSTERDAM MOST FAMOUS SNACK

FRIES (KENTANG GORENG)

Kentang goreng atau Fries termasuk snack yang populer di Amsterdam. Berbeda dengan french fries di fast food resto seperti McD atau Burger King, Fries ini jauh lebih besar dan tebal. Dijual dengan ukuran size bervariasi sesuai harga dari 2.25 euro sampai 3.50 euro, kalau mau ngirit makan di Amsterdam, snack ini sangat bisa menggantikan jatah porsi sekali makan. Fries ini kalau di Inggris namanya Chips, di Perancis disebut Pommes Frittes, lalu di Amerika disebut French Fries sedangkan di Amsterdam dan Belgia disebut Vlaamse Frites….tapi barangnya sama.. yaa itu si kentang yang dipotong2 panjang lalu digoreng dengan minyak banyak (deep fried).

Di Amsterdam banyak outlet yang menjual fries ini. Saya coba beli di Mannekin Piss di daerah Damrak, dekat Central Station Amsterdam. Potongan kentangnya besar-besar, diguyur saus mayones (spicy atau plain), cheese sauce atau blackpepper sauce.. Mantab banget untuk cemilan berat saat winter di Amsterdam..

     

 

WAFFLE

Must try this!!… Waffle ini aslinya dari Belgia, Belgian Waffle, tapi banyak juga outletnya di pinggir jalanan di Amsterdam. Harganya 2.5 euro dengan banyak sekali variasi rasa…sampai bingung milihnya..ada dark coklat, white chocolate, kacang, banana, custard, strawberry, cheese. Setelah kita pilih mau yang rasa apa, waffle akan dipanaskan di microwave sehingga toppingnya lumer dan siap disantap selagi hangat….yummm..

 

IKAN HERRING

Ikan Herring adalah snack tradisional di Netherland sejak ratusan tahun yang lalu… Ikan Herring ini dalam keadaan mentah, baru ditangkap, difrozen beberapa hari dengan garam banyak..jadi mau dibilang mentah tapi sudah diproses, mau dibilang matang..kok ngga dimasak… yaa begitulah..

Cara makan tradisionalnya dengan memegang ekor ikan lalu langsung dimakan dari bagian kepalanya (kepala sdh dibuang dulu)…seperti gambar dibawah…

Tetapi sekarang banyak juga restauran yang menyajikan Ikan Herring dengan onion cincang dan acar ketimun dan sudah dipotong2 ukuran bite size 

Pada gambar diatas, ikan herring adalah yang ada bendera Belanda-nya. Rasanya mirip2 sashimi, tapi lebih terasa raw-nya dan asin… kalau tidak dibantu dengan acar dan onion rasanya saya tidak mampu menelan ikan herring ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s