CREPES – Paris

Crepe adalah kuliner asli Perancis. Ini sejenis pancake / kue dadar tetapi lebih tipis, umumnya terbuat dari adonan telur, tepung, sedikit garam, butter dan cairan (bisa susu atau air). Asal kata “crepe” dari bahasa Latin crispa yang artinya curled (dilipat). Crepes berasal dari Brittany, suatu daerah yang berada di bagian barat laut Perancis.

Crepes atau kue dadar yang disajikan manis bisa dimakan sebagai menu sarapan atau dessert dengan taburan gula putih saja, atau diisi dengan banyak macam variasi isi. Yang manis dan sangat disukai anak2 biasanya crepes dengan isi coklat nutella, bisa juga dikombinasikan lagi dengan pisang, strawberry, kacang, atau selai/jam. Penyajian crepes yang asin bisa dimakan sebagai menu lunch atau dinner, biasanya dengan isi telur, sosis, ham plus keju dan sayurannya.

Crepes merupakan makanan asli Perancis dan sangat populer di Paris. Di tempat2 tujuan wisata dan taman2 di kota Paris hampir dipastikan ada vendor Crepes ini. Hampir semua restoran2 di Paris juga yang menyediakan menu crepes.

…ini adalah crepes dengan filling nutella dan pisang…

Mille Crepes, adalah crepes yang disajikan dalam tumpukan banyak seperti cake seperti pada gambar dibawah ini. Mille crepe bisa diisi dengan berbagai macam filling seperti whipcream, ganache, vla atau selai (jam atau marmalade), dapat juga disisipi buah2 an, coklat chip dan kacang2 an.


Untuk harga crepes yang dijual di kaki lima di Paris termasuk tidak mahal, sekitar 4-9 euro sesuai dengan isi yang kita pilih. Crepes dengan nutella sekitar 5 euro. Crepes dengan isi sosis, keju, ham lebih mahal harganya. Dan harga crepes di restoran tentunya juga lebih mahal daripada yang di kaki lima.

…vendor crepes di Paris..

Kemarin saya menemukan Mille Crepes di Sushi Tei Pondok Indah Mall. Dari brosurnya disebut crepes ini ada 21 layer. Saya pesan Mille Crepes dengan es krim ogura (kacang merah). Crepes nya lembut sekali, dan basah, bukan crepes kering seperti yang saya kira, teksturnya mirip kue lapis.

…mille crepes di Sushi-Tei, Jakarta…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s