GNOCCHI

Gnocchi (dibaca: noh-ki) adalah salah satu kuliner Italia selain pizza dan pasta. Gnocchi terbuat dari campuran adonan telur, keju, tepung/kentang/semolina yang dibentuk bulatan kecil lalu direbus sampai mengambang (seperti bakso). Sama dengan pasta, gnocchi bisa disajikan dengan diberi parutan keju atau disiram dengan saus tomat, bolognaise, pesto atau carbonara.

Jangan salah menyebut (spelling) nya seperti saya. Pengalaman makan gnocchi pertama di Trattoria Alla Madonna, Venice sewaktu order pesanan, dengan pede-nya saya bilang  “I want to order ge-no-chi (menyebut sesuai tulisannya)”, tapi si server-nya kok pardon-pardon terus, kirain ngga dengar, saya ulang2 terus beberapa kali sampai akhirnya saya ambil buku menu dan menunjuk tulisannya sambil “what do you say for this?”…baru deh dia “ngeh” sambil bilang…“noh – ki”…hehe maaf yah..saya kira ngga denger..

Gnocchi rasanya kenyal dan lebih lembut dari pasta, saya lebih prefer gnocchi yang dihidangkan dengan saus tomat/pomodoro. Rasanya lebih segar dibanding dengan saus putih carbonara yang menurut saya lebih berat, terlalu creamy karena adonan gnocchi-nya sendiri sudah pakai keju.

Gnocchi sangat mudah membuatnya, lebih mudah dari membuat pasta sendiri. Tapi kalau tidak mau repot sekarang di supermarket juga banyak yang menjual gnocchi dalam bentuk frozen. Jadi tinggal direbus saja di rumah, lalu disiram dengan saus sesuai selera. Saya pernah melihat frozen gnochi  di jual di RanchMarket, GrandLucky, di FoodHall nya Sogo (di Jakarta).

Resep Gnocchi dari KasKus:

Bahan: 4 buah kentang ukuran sedang direbus (jika ada pilih kentang yang kadar airnya sedikit), 200-300 gr tepung terigu (disesuaikan dengan jenis kentang), 1 kuning telur, sedikit garam, 50gr keju sesuai selera

Caranya: campur semua adonan sampai rata dan bisa dibentuk, tepung dimasukkan sedikit2 disesuaikan sampai adonan bisa dibentuk. Taburi meja dengan tepung. Gulung adonan memanjang setebal jempol tangan lalu potong2 sebesar 1 ruas jari dengan pisau/cutter dough.

Bila ingin tampilan-nya cantik, glung gnocchi dengan garpu.

Setelah itu siapkan air untuk merebus adonan. Setelah mendidih masukkan adonan yang telah dipotong2. Biarkan sampai mengapung. Angkat, tiriskan dan siap disajikan dengan pilihan saus sesuai selera.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s