GELATO @ Italy

Gelato adalah sejenis es krim yang berasal dari Italy. Beda antara gelato dengan es krim biasa adalah dari kandungan lemaknya. Lemak susu (butterfat) dari gelato sekitar 4-8% sedangkan es krim mengandung sekitar 10-18% lemak susu. Gelato lebih lembut dari es krim karena ‘udara’ pada gelato lebih sedikit daripada es krim (sewaktu adonan di mix, kita akan memasukkan ‘udara’ pada adonan sehingga lebih mengembang).

 

Di Italy sangat mudah mendapatkan gelato. Hampir di setiap jalanan di kota-kota besar Italy ada gelateria, semacam ice cream parlor, yang menjual gelato dalam cone, wafer cone atau dalam cup. Satu scoop gelato harganya antara 1-3 euro dengan banyak sekali varian rasa gelato. Di Italy masih banyak yang membuat gelato secara home made. Masing-masing gelatoria mempunyai resep sendiri-sendiri, jadi misalnya untuk rasa coklat  bisa berbeda tekstur, rasa, aroma nya antara satu gelateria dengan yang lain..

Bagian selatan Italy biasanya membuat gelato dengan bahan dasar buah-buahan (seperti sorbet) strawberry, lemon, lime, melon, rapsberry, dkk. Sedangkan untuk gelato yang lebih berlemak seperti coklat (ciocolato), coffee, caramel, pistachio, hazelnut dan semacamnya..

Untuk harga kadang juga menentukan kualitas dari gelato-nya. Gelato yang saya beli di street vendor seharga 1 euro rasanya berbeda dengan yang dibeli di gelatoria seharga 1.75 euro. Tapi pastinya gelato di jalanan lebih murah dari beli gelato di restauran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s