TURKEY TRIP (1): CAPPADOCIA…land of beautiful horses

Cappadocia dari Istanbul ditempuh kurang lebih 1,5 jam dengan pesawat. Banyak penerbangan murah di Turki. Dari Istanbul ke Cappadocia diantaranya Pegasus, Anadolu Air, Atlas Jet yang berangkat dari bandara Sabiha Gokcen di bagian Asia Istanbul. Dengan Turkish Air juga bisa dapat harga murah bila rajin2 browsing website nya. Turkish Air berangkat dari Ataturk International Airport yang lebih dekat dr pusat kota Istanbul.

L1010183

Bandara di Cappadocia ada 2, Nevsehir (20 menit dr Cappadocia) dan Kayseri (1 jam dari Cappadocia). Nevsehir adalah bandara lama, lebih kecil dan lebih jarang flight yang ke Nevsehir, setahu saya hanya Turkish Air yang ada mendarat di Nevsehir, rata2 sekarang menggunakan bandara Kayseri yang lebih baru dan besar.

kayseri

Pilihan ke dua transportasi ke Cappadocia dengan bis  (10-12jam) yang pasti lebih murah dari pesawat(sekitar 55-75TL tergantung perusahaan bis-nya). Bis di Turki nyaman umumnya dilengkapi wifi juga. 



Cappadocia atau Kappadokya artinya Land of the Beautiful Horses, dari namanya sudah bisa ditebak kalau Cappadocia terkenal akan kudanya yang bagus-bagus. Tapi yang membuat saya tertarik ke Cappadocia bukan karena kudanya namun lanscape Cappadocia yang unik dan tiada duanya di dunia. Konon menurut kabarnya ini hasil bentukan dari erupsi tiga gunung berapi purba.

L1010264 

HOT AIR BALLOON

balloon3

Hot air balloon di Goreme, Cappadocia adalah pengalaman yang tak terlupakan. Lanscape Cappadocia semakin tampak menakjubkan dilihat dari atas ketinggian. Hot Air Balloon di Cappadocia sendiri merupakan pemandangan yang asik dilihat berbarengan dengan sunrise. balloon4  Bangun pagi-pagi melihat ratusan ballon beraneka warna terbang bersamaan di waktu fajar sungguh suatu pemandangan yang amat sangat menarik.

balloon5

Banyak ballon operator yang menawarkan jasanya dengan kisaran 130-175 euro. Bila ingin private berdua atau satu keluarga saja dalam satu balon juga ada. Pilihlah operator yang reputasinya baik meskipun biasanya harganya lebih mahal. Operator yang baik memiliki pilotnya yang berpengalaman dan berlisensi serta ada jaminan asuransi kecelakaan. Harga juga tergantung dengan jumlah orang dalam satu basket balloon. Semakin sedikit orangnya tentu akan semakin mahal. Umumnya hot air ballon terbang selama satu jam.

 

colourfull balloon

Kemarin kami minta tolong booking hot air ballon dengan Mustafa, Aydinli Hotel. Kita di booking-kan dengan Butterfly Ballon. 

Sore hari mendarat di bandara Kayseri dengan Turkish Air, kami dijemput di bandara langsung menuju Aydinli Hotel di Goreme. Satu jam kemudian tiba lah di Aydinly Hotel. Hari sudah malam, setelah check in kami istirahat di kamar, karena pagi-pagi Butterfly Ballon akan menjemput di hotel. Sekitar jam 5.30 pagi kami dijemput, ke kantor Butterfly Ballon dulu untuk pendaftaran dan pembayaran. Disediakan sarapan ringan roti, kue2 dan minuman hangat teh, kopi. Mereka juga menyediakan selimut untuk dipinjam. Cuaca pagi hari bulan September di Cappadocia lumayan dingin.

preparing the balloon

Kurang lebih 20 menit kemudian naik mobil ke tempat lokasi balon diterbangkan, disana sudah menunggu crew dan pilot yang akan membawa kita terbang.

balloon2bon voyage ..

Pilot kami bernama John Cooper, asal Inggris, setelah memperkenalkan diri mulai briefing singkat cara-cara posisi bila melakukan pendaratan darurat.  Dalam satu basket ada 17 orang, termasuk pilotnya. Basket di sekat menjadi 5 bagian, dengan pilot di tengah. 



CAVE HOTEL

Pengalaman yang seru menginap di cave room seperti Flintsone. Struktur batuan di Cappadocia memungkinkan untuk dijadikan kamar-kamar yang unik di pahat dalam batu. Beberapa bahkan dibuat kamar di chimney nya, batuan berbentuk cone yang bisa mencapai bangunan rumah 3 tingkat.

cave hotel
 

Dibawah ini kamar kami di Aydinly Cave Hotel, Goreme. 



Pemilik Aydinly Cave Hotel, Mustafa Dermici, sangat ramah dan helpful. Bangunan hotel ini tadinya adalah rumah tempat tinggal yang sudah dimiliki keluarga Mustafa lebih dari 500 tahun. Cave room kamar kami aslinya adalah ruang penyimpanan makanan, buah-buahan yang dipergunakan sejak 500 tahun lalu. Spesial untuk saya  Mustafa memilih kamar nomor 4 bernama Ambar Room, yang sama dengan nama saya. Ambar bahasa turkinya adalah fruit  

L1010285di depan Aydinly Cave Hotel, dengan Mustafa Dermici.

aydinli

aydinly breakfast

breakfast di Aydinly

Goreme Open Air Museum

Museum terbuka ini cukup mewakili lanscape Cappadocia secara keseluruhan. Banyak terdapat ruangan2 gereja2 yang tersembunyi dalam cave di Open Air Museum ini.

L1010164

L1010196

L1010212salahsatu bentuk batu unik di cappadocia

Jalan kaki ke Open Air Museum bagus sekali pemandangannya. Kurang lebih 30 menit jalan kaki dari Kota Goreme, tetapi karena sambil lihat-lihat dan foto-foto akhirnya lebih dari satu jam-an.

L1010224jalan kaki ke open air museum

Eating Out

Kuliner khas di Goreme, Cappadocia yang harus dicoba adalah pottery kebab atau testi kebab. Ada yang ayam dan daging sapi. Rasanya segar, berkuah asam segar dari tomat. Cocok dimakan waktu cuaca dingin.

crack the Testi Kebab..memecahkan testi kebab/pottery kebab

testi kebabpottery kebab yang sudah dibuka

baklavaIni adalah baklava, dessert yang sangat manis..terdiri dari pastry dan madu dengan sedikit rasa kacang dan taburan pistachio diatasnya

cheese gozlemeCheese Gozleme, seperti martabak dengan isi keju. Kulitnya tipis dan kejunya lumayan banyak.

borek

Borek isi daging..semacam pastry tapi basah dengan isi daging cincang. Dimakannya dengan saus tomat dan yoghurt.

lentil soup

Ini adalah makanan andalan saya. Lentil soup dengan roti pita (compliment, pasti dapat di semua resto). Minumannya Ayran, yoghurt dingin yang asin. Pertama2 minum Ayran berasa aneh, karena di Indonesia belum pernah ketemu yoghurt yang asin tapi lama2 enak juga, segar dan bikin ngga eneg. Lentil soupnya segar dan ringan, rotinya hangat dari oven…nyaam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s