Istanbul Foodies (1)

Turki adalah salah satu negara yang dapat mencukupi kebutuhan pangan rakyatnya sendiri. Pertanian di Turki termasuk maju. Mereka banyak menggunakan bahan-bahan segar untuk masakannya yang sangat sangat bervariasi. Olive oil, keju dan yoghurt banyak digunakan dalam masakan Turki. Makanan pokoknya adalah roti. Bila makan direstoran hampir dipastikan kita akan disuguhi satu basket roti.

turkish cayturkish cay

Istanbul, ibukota Turki posisinya sangat unik. Istanbul satu-satunya kota dengan 2 benua di dunia. Makanan di Istanbul dipengaruh budaya kuliner Mediteranian Eropa dan Asia Tengah. Di Istanbul, jarang sekali saya melihat restauran China, Jepang disana.

simit

SIMIT

Simit adalah roti tradisional khas Turki yang bentuknya seperti donat dengan taburan wijen. Simit sudah ada sejak beberapa abad silam. Minum teh (cay) dengan simit adalah tradisi khas bangsa Turki.

Penjual simit banyak bertebaran di jalan-jalan di Istanbul, harganya 1 lira. Beberapa menjual simit yang dioles nutella dengan harga sekitar 2-2,5 lira. Rotinya akan dibelah dan diisi dengan selai Nutella. Simit yang asli rotinya agak keras dengan taburan wijen atau poppy seed diatasnya, tapi yang diisi Nutella ini rotinya lebih empuk, seperti roti putih yang biasa.

simit4

Simit seller @ Divanyolu, Istanbul

KEBAB

Banyak sekali variasi kebab di Turki. Sepertinya disana semua makanan yang mengandung ayam atau daging yang lalu di bakar di atas api disebut kebab. Kebab yang paling unik berasal dari daerah Cappadocia namanya testi kebab, yaitu daging ayam atau sapi dengan beberapa sayuran dan tomat segar dimasak dalam clay pot yang tertutup yang nanti harus di pecahkan untuk makannya. Testi kebab ada dalam postingan saya sebelumnya tentang Cappadocia. https://rumahkuliner.wordpress.com/2013/09/…/jelajahturki-cappadocia…

Kebab untuk dua orang di Mesale Cafe, Arasta Bazar dekat Blue Mosque. Porsinya buesaaar…untuk berdua juga masih terlalu banyak. Isinya ada ayam, udang, kofte dengan sayuran yang dibakar ada terong, jamur, tomat, cabe besar. Paling bawah ada nasi tomat. Sayuran segarnya ada kol merah dan lettuce. Mangkuk ditengah isinya yoghurt segar sebagai sausnya.

Porsi sebesar ini sebenarnya untuk 4 orang juga bisa.

first eating at Istanbul..all grilledmixed kebab di Mesale Cafe

Doner Kebab, daging yang ditumpuk tinggi dengan panggangan khusus. Bila sudah matang dipotong2 dan diselipkan di roti dicampur dengan sayuran.

Kebab baru mau dimasak...yuummmdoner kebab yang sedang dimasak

Dibawah ini adalah gambar resto Semazer di jalan Divanyolu, Sultanahmed, tidak jauh dari Hagia Sofia. Resto nya ada 3 tingkat. Dari poster diatasnya bisa dilihat pilihan doner kebab yang diinginkan. Pilihan kebab nya daging sapi atau daging ayam. Dilihat dari pict dibawah sepertinya daging sapi lebih favorit. Rotinya bisa dengan roti pita tanpa ragi atau roti putih. Doner kebab disini tidak pakai mayones, hanya roti+daging+sayuran.

semazerberbagai macam doner kebab di Semazer

KOFTE

Kofte, adalah daging giling dibentuk bulat panjang dengan bumbu2 lalu di bakar, disajikan dengan sayuran dan cabai bakar. Resto Semazer juga ada Kofte seperti gambar di bawah ini. Satu set kofte dengan nasi tomat (pilav) dan sayuran. Hati-hati dengan cabai hijau besar itu, kebanyakan rasanya tidak pedas,tapi saya pernah dapat juga yang pedas..

kofte with pilav

semazer suosup tomat dan roti di Semazer

Kofte di Sultanahmed Koftesici Selim Usta. Resto ini konon kabarnya sudah berdiri sejak 1920. Koftenya memang enak bangeet, lentil sup nya juga ringan dan segar.

kofte sultanahmedSultanahmed Koftesici Selim Usta 1920

kebab+pilavkofte, lentil soup dan pilav..

Restoran Piknik Kofte ini ada di Istiklal cadd. Self service, rotinya ambil sendiri sebanyak yang kita mau, berbagai janis saladnya sudah disajikan per-mangkok. Hanya tinggal order makanannya saja.

picnicdapur di Piknik Kofte

Kami pesan sis kebab chicken dan kofte, semuanya disajikan dengan puree kentang. Sebagai orang Indonesia, kami juga pesan satu porsi nasi (pilav).

kebabchicken sis kebab+puree kentang dan salad.. 

dinner for him..kofte, pilav, salad dan ayran..

BALIK EKMEK (FISH SANDWICH)

Di daerah Eminolu, di dekat Galata Bridge ada restauran di atas perahu yang konon kabarnya sudah lebih dari 40 tahun menjual fish sandwich. Harganya murah hanya 5 lira dan sore hari selalu ramai dengan pembeli.

fish eminolu

Balik Ekmek…Balik ekmek.. penjualnya akan berteriak2 menawarkan. Ada 3 boat berjejeran yang menjual balik ekmek di Eminolu ini. Rasanya semuanya sama.

fish balik ekmek

Hidangan yang sederhana. Ikan yang sudah di grilled diisikan dalam roti dengan sayuran hijau dan bawang bombay. Tanpa saus dan mayones. Dimeja disediakan garam dan lemon juice. Lumayan juga rasanya, rotinya empuk dan ikannya segar. Tambahkan garam dan lemon juice yang agak banyak dan hati-hati makannya karena ikannya masih sedikit ada durinya.

fish sandwich

Biasanya mereka makan dengan acar wortel dan timun seperti gambar dibawah ini. Acar wortel dan timun ini dijual terpisah, sekitar 1,5 lira.

acar eminolu

Semakin sore akan semakin ramai. Eminolu ini adalah pertemuan dari tram, bis dan ferry dan setelah jam kerja akan ramai sekali dengan orang lokal didaerah ini.

fish2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s