Istanbul Foodies (2)…something sweets

lokuumturkish sweets..

TURKISH DELIGHT — LOKUM

Lokum atau Turkish delight sudah terkenal seantero dunia. Ini adalah oleh-oleh wajib bagi yang berkunjung ke Turki. Konon kabarnya makanan manis ini sudah ada dari tahun 1700-an. Bahan dasar lokum adalah tepung dan gula. Mirip dengan mochi. Beberapa ada yang menggunakan madu, bukan gula sebagai bahan dasarnya.

lokumm

Lokum diatas ini saya beli di Spice Bazaar. Per-kilogram boleh dicampur dengan beberapa variasi lokum. Yang warna merah di gambar atas adalah lokum dengan madu, delima dan pistachio. Ini adalah favorit saya. Lokum dengan madu rasanya manisnya pas, tidak semanis lokum yang pakai gula.

lokummacam-macam jenis lokum

Variasi dari lokum bisa ratusan jenis. Dari rasa diantaranya ada delima (pommegranate), orange, rosewater, lemon, coklat, mint, aprikot, jahe, kopi. Beberapa jenis lokum menggunakan variasi kacang-kacangan seperti  almond, pistachio, walnut, hazelnut, kelapa dan banyak lagi variasi jenisnya.

lokum donerdoner lokum

Ini adalah lokum doner. Mirip seperti doner kebab, belinya dipotong2 dan ditimbang per-kilogramnya. Lokum doner banyak dijual di Spice Bazaar, Sirkeci dekat Eminolu.

lokumshopHaci Bekir di Sirkeci

Banyak toko makanan di Istanbul yang umurnya lebih dari satu abad yang lalu. Diantaranya ada convectionery Haci Bekir yang katanya sudah berdiri sejak 1777. Ada juga toko convection Hafiz Mustafa yang meng-claim sudah ada sejak 1864.

hafizmustafaconvection Hafiz Mustafa di Sirkeci, Istanbul

hafiz mustafalokum di Hafiz Mustafa

BAKLAVA

Konon menurut beberapa sumber, baklava ini asli makanan yang diciptakan di dapur Topkapi Palace di Istanbul pada jaman kerajaan Ottoman.

baklava2

baklava

Baklava terdiri dari lapisan-lapisan adonan pastry dengan lapisan madu dan kacang-kacangan. Rasanya sangat-sangat manis. Cocok dimakan bersama teh pahit atau kopi pahit untuk meng-counter rasa manis.

LOKMA

Lokma adalah snack yang digoreng dan dilumuri madu. Lokma yang saya temui di Eminolu bentuknya mirip donat. Hati-hati bila menggigitnya karna ada cairan nya yang bisa keluar mengotori baju. Siap-siap tissue basah habis memakan lokma untuk lap jari kita yang lengket dengan madu.

lokmalokma dengan madu dan taburan pistachio

lokma2gerai lokma di Eminolu

lokma3lokma setelah digoreng

CIKOLATA

Toko coklat kecil mungil ini saya temui di jalan Istiklal. Dari arah Taksim Square ada di sebelah kiri jalan. Coklatnya dijual tanpa merk, hanya berbungkus alumunium foil.

cikolata pera

Meskipun tidak bermerk, coklai ini enak sekali. Ada jenis coklat, dark/bitter coklat dan milk coklat dengan pilihan kacang2 an hazelnut, walnut, almond, pistachio.

cikolata2

cikol

Saya beli yang dark coklat polos dan dark coklat dengan kacang walnut. Coklat ini mudah sekali meleleh ditangan, tidak bisa dibawa pulang untuk oleh, oleh. Dark coklatnya enak, berasa pahit-pahit manis. Walnutnya juga banyak. Walnut utuh seperti di gambar bawah

cikolata3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s