Istanbul Foodies (3)

AYRAN

Ayran terbuat dari campuran yoghurt, air dan sedikit garam yang diblender. Baru-baru ini Prime Minister Erdogan menyatakan Ayran sebagai “Turkey National Drink”. 

ayran

Ayran disajikan dingin dan rasa asinnya jadi membuat segar diminum. Teksturnya sedikit kental, tapi masih bisa diminum dengan sedotan kecil (sedotan aqua cup). Ayran juga dapat mengimbangi rasa lemak setelah makan kebab atau kofte.

SAHLEP

Sahlep adalah minuman musim dingin di Turki. Bulan September saya kesana sudah agak dingin suhunya. Saya menemukan penjual sahlep ini di dekat Topkapi Palace.

sahlep

Minuman hangat ini berbahan dasar susu dengan bubuk kayumanis dan gula. Konon resep aslinya sahlep menggunakan akar anggrek, tidak tahu juga apakah dengan harga 2 lira satu cup nya masih menggunakan akar anggrek. Sahlep rasanya tidak begitu manis, tekstur kental.

sahlep2penjual sahlep

FRESHLY SQUEESH FRUIT

Minuman non alkohol paling banyak di jalanan adalah juice segar. Juice vendor banyak terdapat di seluruh penjuru Istanbul. Buah nya tergantung musim. Saat saya berada disana yang banyak adalah buah jeruk orange dan buah delima (pommegranate).

juicefresh delima 

juice2fresh orange juice

DONDURMA (ES KRIM)

Es krim Turki agak beda dengan es krim biasa. Bahan dasarnya sama dengan es krim lain, yaitu susu, gula dan bahan perasa spt coklat, kopi, buah2 an, dll. Yang membuat berbeda adalah tambahan sahlep-nya.. sahlep membuat es krim jadi chewy, lebih lengket. Sahlep yang asli terbuat dari akar tanaman sejenis anggrek. Karena sangat populer maka sekarang harganya sangat mahal dan sudah susah didapat. Yang digunakan saai ini adalah bahan pengganti yang terbuat dari umbi-umbian juga.

Unknown copy

Dondurma sangat lengket dan lentur, gambar diatas diambil dari website ChicagoTribune. Konon katanya dondurma bila di tarik bisa sampai 4 meter panjangnya tanpa terputus.

eskrim

DRIED FRUIT

Buah-buahan kering sangat banyak dijumpai dalam kuliner Turki. Dari menu sarapan sampai dessert umumnya banyak menggunakan buah-buahan kering. Macamnya banyak sekali, diantaranya yang saya kenal ada aprikot, buah tiin/buah ara (figs), kiwi, apel, nanas dan kurma.

dried fruits - Version 2

Di Istanbul buah-buahan kering banyak dijual di Spice Bazaar. Satu kilo-nya sekitar 68 TL. Ada juga yang diisi dengan kacang-kacangan.

dried frruit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s