TURKEY TRIP (2) – EPHESUS + PAMUKKALE Cotton Castle

Turkey Trip: Istanbul – Cappadocia – Ephesus, Selcuk – Pamukkale – Fethiye – Istanbul

SELCUK

Selcuk, kota kecil di Izmir, sekitar 55km dari Bandara Adnan Menderes, Izmir, adalah kota terdekat menuju situs reruntuhan kota kuno Ephesus, atau Efes dalam bahasa Turki.

L1010702 - Version 2

Menuju Selcuk dari Cappadocia kami naik pesawat yang mendarat di Bandara Adnan Menderez, Izmir. Di bandara jalan sedikit ke stasiun kereta api. Perjalanan kereta api ke Selcuk kurang lebih 1 jam. Kereta api nya bagus, lumayan penuh tapi masih bisa dapat tempat duduk.

Tiket kereta api ke Selcuk.. bahasa Turki, hanya bisa mengkira2 saja maksudnya apa…

HARI 1 : Efes Museum, Artemis Temple, Isa Bey Mosque, St. John Castle

Tiba di Selcuk sekitar jam 1 siang, kami menginap 2 malam di hotel Jimmy’s Place di tengah kota Selcuk, dekat dengan stasiun kereta.

Perpustakaan kecil di lobby hotel Jimmy’s Place..

Setelah check in jalan ke arah pusat kota. Kotanya sangat kecil, bisa jalan kaki kemana-mana.

Melewati Ephesus Museum di tengah kota. Museumnya kecil, kurang lebih satu setengah jam sudah selesai melihat2 koleksi di dalam museum.  Tiket masuk museum di Turki.

Di bawah ini adalah patung Dewi Artemis yang aslinya ada di Artemis Temple. Dewi Artemis melambangkan kesuburan dalam mitos Yunani. Dalau dalam mitos Romawi bernama Diana.   IMG_1017 IMG_1018

 

ARTEMIS TEMPLE

Tidak jauh dari pusat kota, sekitar 15 menit jalan kaki menuju situs tempat  Artemis Temple berada. Artemis Temple adalah satu dari Seven Wonder of Ancient World. Di Turki ada 2 situs yang masuk 7 Woder of Ancient World yaitu Artemis Temple di Ephesus dan Mausoleum at Halicarnassus di Bodrum.

Artemis Temple dibangun oleh Croesus, Raja Lydia sekitar tahun 550 SM.  Saat ini tidak banyak yang tersisa dari reruntuhan Artemis Temple disini. Banyak sisa-sisa reruntuhan yang dibawa ke museum-museum besar seperti British Museum London.

Dari Artemis temple, 15 menit jalan kaki menuju Isa Bey Mosque. Cuaca di Selcuk di bulan September ini sangat cerah dengan udara yang sejuk.

L1010493

Ini adalah ancient hamam… tempat permandian kuno yang tertutup sedang dalam proses pemugaran.

L1010495

ISA BEY MOSQUE

Isa Bey Mosque dibangun tahun 776 H/1375 M. Dari luar masjid ini dikelilingi tembok tinggi seperti benteng. Dahulu ada 2 minaret / menara, gempa bumi tahun 1600-an meruntuhkan satu menaranya.

L1010516

Masjid Isa Bey  ini masih dipakai untuk sholat… jadwal sholat dalam bahasa Turki L1010532

Di dalam masjid ada taman kecil dengan tempat wudhu nya di tengah taman.

St. JOHN CASTLE

Tidak jauh dari Isa Bey Mosque, ada kompleks benteng dan basilika di dalamnya. L1010539

St John, salah satu murid nabi Isa. St John dipercaya adalah orang yang membawa bunda Maryam dari Jerusalem ke Selcuk. Disini St John wafat dan di makamkan. Makam St John kemudian menjadi tempat ziarah umat kristen. Adalah Raja Justinian yang membangun gereja di atas makam St John.

Makan siang di resto kebab Selcuk Koftesici, salahsatu rekomendasi Lonely Planet Turkey… tapi saya tidak merekomendasikan.. porsi kecil dan rasa-nya biasa saja, masih banyak tempat makan yang lebih enak dari ini. Kofte (daging dibakar seperti sate) dengan pilav (nasi berbumbu tomat) dan salad.

IMG_1024

Rice pudding untuk dessert…dengan taburan kacang diatasnya..IMG_1026

HARI 2 : EPHESUS + Kota Selcuk

Pagi hari sarapan buffet hotel, menu sarapan di turki… banyak buah2 an.

Setelah sarapan kebetulan staff hotel ada yang mau antar kita ke Ephesus dengan mobil pribadinya, dengan bayaran 15 lira sama dengan taksi.

EPHESUS

Kita diturunkan di pintu masuk atas. Beli tiket dan sewa media kit guide di pintu masuk Selatan. Cuaca sangat cerah, matahari bersinar terik. Bawalah air minum karena di dalam tidak ada penjual minuman, topi, sunglass dan kenakan alas kaki yang nyaman.  L1010649

Ini amphiteatre di Ephesus…bisa menampung 25.000 orang. Akustik di theatre ini bagus sekali… saya duduk ditengah2 theatre dan ada seorang tourguide mendemostrasikan kecanggihan akustik nya denga melempar koin di tengah2 panggung. Jatuhnya koin bisa terdengar jelas ditempat saya duduk.. lalu dia merobek kertas… bunyi robekannya juga terdengar sangat jelas.. hebat sekali teknologi jaman itu bisa meniadakan pengeras suara di panggung.

Dahulu Ephesus adalah kota pelabuhan di tepi laut Aegean. Garis pantai saat ini jauh sekali mundurnya.

Dibawah ini adalah Curete Street… jalan utama di kota kuno Ephesus. Jalan ini selalu penuh dengan orang-orang menuju Celcus Library.

Celcus Library di bawah ini, fasad depannya masih tegak dengan kondisi cukup baik. Celcus adalah seorang gubernur Romawi. Makam Celcus ada di bawah Library ini.

IMG_1070

Ada 4 patung di tiap cerukan Celcus Library.. Sophia (wisdom), Aretha (virtue), Ennoia (intelligence) dan Episteme (knowledge).  Patung ini semuanya tidak asli, patung asli ada di Ephesus Museum Vienna, Austria.

 

 

Dibawah ini adalah umumi tuvalet (public toilet). Mungkin toilet tertua di dunia… di belakangnya ada saluran2 air.

Terrace House(the houses of rich)  adalah pemukiman Romawi kuno. Ada 6 rumah di kompleks Terrace House. Lengkap dengan pipa-pipa air panas dan air dingin. 

Pemugaran masih terus dilakukan di Terrace House.. potongan-potongan marmer dirakit kembali. Mirip puzzle yang besar. YRS_6993

Kurang lebih 4 jam kami berada di Ephesus.  Kembali ke Selcuk naik taksi yang ada di pintu keluar.

DOWNTOWN SELCUK

Makan siang di dekat hotel.. kofte dengan pilav dan rice pudding untuk dessert..

IMG_1082 IMG_1083

IMG_1084

Kota Selcuk dilalui Aqueduct, sistem transportasi air peninggalan bangsa Romawi. Sisa-sisa aqueduct sekarang ini tersebar di beberapa tempat di Selcuk. Banyak yang menjadi sarang burung bangau. Di Selcuk, burung bangau dianggap lambang keberuntungan.

L1010717

YRS_7131

HARI 3 :  PAMUKKALE / HIERAPOLIS

Hari ini setelah sarapan kami check out hotel.  Jam 8.30 pagi dijemput Alaturka Tour untuk one day tour ke Pamukkale/Hierapolis di daerah Denizli, lalu akan langsung diantar ke Fethiye

Guide kami perempuan Turki bernama Aisya. Sepanjang perjalanan Aisya bercerita tentang sejarah kota Selcuk, Ephesus, St John dan Bunda Maria.. ada rumah tempat tinggal Bunda Maryam dekat dengan Ephesus, kemarin kami tidak sempat melihat.

Perjalanan dari Selcuk ke Pamukkale kurang lebih 2 jam ditambah 1 jam berhenti makan dulu di restaurant.  Jalan raya provinsi di Turki bagus-bagus, beraspal mulus. Tiba di Pamukkale jam 12.30 siang. Ayam jantan adalah lambang kota Denizli.IMG-20120927-01547

PAMUKKALE 

Ini adalah salah satutempat yang harus di kunjungi di Turki. Pamukkale atau cotton castle ini sangatlah unik. Merupakan sumber air panas yang mengalir ke kolam-kolam. Aliran air panas tersebut secara alami mengalami proses mengkristal menjadi putih. Sangat menarik melihat kolam-kolam dengan air berwarna kebiruan di Pamukkale.IMG_1102

Pamukkale dengan kolam-kolam dan batuan putihnya bagaikan pegununga salju bila dilihat dari kejauhan. Kolam-kolam air panas alami ini sejak ribuan tahun lalu dipercaya mempunyai efek menyembuhkan penyakit.


L1010822

HIERAPOLIS 

Adalah kota kuno di Pamukkale. Hierapolis masuk dalam World Heritage Sites Unesco. Kota ini dulunya semacam sanatorium tempat orang-orang sakit datang untuk berobat disini. Agak di luar kompleks Hierapolis ada Necropolis, pemakaman umum. Bila masuk dari pintu Utara akan melewati Necropilis ini. Kemarin kami masuk lewat pintu Selatan.

Dibawah ini adalah gambar visualisasi Hierapolis pada jaman abad ke 3 Masehi. IMG_1103

Amphiteatre di Hierapolis cukup besar, bisa menampung 15.000 orang. Untuk menghitung populasi suatu kota kuno secara kasar adalah dengan melihat daya tampung theatre nya. Semakin besar theatre disuatu kota, populasi kota itu juga semakin besar. YRS_7168

Antique Pool di dalam kompleks Hierapolis

Kurang lebih 3 jam kami di Pamukkale / Hierapolis. Lalu kami transfer pindah, ke minibus untuk melanjutkan perjalanan ke Fethiye.

…..next posting : TURKEY TRIP (3) :  FETHIYE …dan sekitarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s