TURKEY TRIP (4) – ISTANBUL OLD CITY

Turkey Trip: Istanbul – Capadocia – Selcuk – Pamukkale – Fethiye – Istanbul

ISTANBUL 

Adalah satu-satunya kota dengan posisi berada diantara 2 benua, Eropa dan Asia, yang dipisahkan oleh selat Bosphorus. Istanbul menyimpan banyak sejarah peradaban dunia. Istanbul pernah menjadi ibukota 3 kerajaan besar di dunia, Kekaisaran Roman, Byzantine dan Ottoman. Letaknya sangat unik, sebagian kota berada dibenua Eropa, bagian yang lain ada di benua Asia.

Istanbul yang dulunya bernama Konstatinopel dibangun oleh Kaisar Roma Constantine sebagai perluasan wilayah Kekaisaran Roma. Konstantinopel dijadikan ibukota Kekaisaran Roma di Timur. Setelah jatuhnya Kekaisaran Roma, Konstantinopel tetap eksis berdiri dan mencapai puncak kejayaaannya saat Kaisar Byzantine, Justinian berkuasa. Peninggalan Kaisar Justinian yang masih ada sampai saat ini adalah Hagia Sophia yang dibangun pada tahun 537 Masehi. Selain itu ada Hippodrome dan Underground Cistern yang juga dibangun pada masa Justinian. 

 Pada akhirnya kota Konstantinopel jatuh ke tangan bangsa Turki, dinasti Ottoman yang berkuasa selama lebih dari 600 tahun.  Sultan Mehmed II  merebut kota Konstantinopel pada tahun 1453, dan mengganti nama Konstantinopel menjadi Istanbul atau Stamboul. Sejak saat itu Istanbul tumbuh menjadi pusat ke khalifah-an Islam sewaktu dinasti Ottoman berkuasa.

Dari Jakarta kami mendarat di bandara Ataturk Istanbul sekitar jam 9 pagi. Naik taksi menuju hotel di daerah Sultanahmed. Dari bandara kurang lebih 20 menit ke Sultanahmed district.

SULTANAHMED DISTRIC 

Sultanahmed district atau Old city / old Istanbul adalah bagian kota tua Istanbul, dahulu adalah pusat dari peradaban Byzantium Roman dan kekaisaran Ottoman. Daerah Sultanahmed ini masuk sebagai World Heritage Sites Unesco sejak 1985.  Situs-situs menarik di Istanbul kebanyakan berada di sekitar Old City ini.

BASILICA CISTERN

Nama Turki Cistern ini adalah Yerebatan Sarnici,  the Sunken Palace.  Adalah tempat penyimpanan air dalam kota yang dibangun pada masa  Justinian, tahun 532 masehi. Lokasinya tidak jauh dari Hagia Sophia. Terletak di bawah tanah, pintu masuk Cistern hampir terlewatkan, hanya antrian orang2 yang akan membeli tiket yang membuat kami akhirnya menemukan tempat ini.

L1000750

Dari loket tiket kita akan turun tangga ke Cistern..

L1000757

Lampu-lampu permainan cahaya yang menerangin kolom-kolom penopang Cistern membuat suasana di bawah tanah ini jadi menarik dilihat..

Cistern ini masih dialiri air.. bahkan ada ikan nya berenang- renang di air.  ada ikannya..

Mengikuti jalan setapak dari kayu yang kokoh menuju kolom Medusa Head ditengah-tengah Cistern

YRS_6357 - Version 2

YRS_6362 - Version 2

YRS_6351 - Version 2

 

BLUE MOSQUE

Masih di area Sultanahmed, hanya sepelemparan batu jaraknya dengan Hippodrome dan berhadap-hadapan dengan Hagia Sophia.  Untuk masuk ke Blue Mosque gratis, tidak perlu beli tiket.. tetapi pada waktu-waktu sholat, Blue Mosque akan ditutup untuk turis.   

Sultan Ahmed Camii, atau Blue Mosque dibangun pada masa Sultan Ahmed I pada tahun 1616. Masjid ini adalah karya arsitek Mehmet Aga. Blue Mosque yang letaknya berhadapan dengan Hagia Sophia ini seakan menandingi kemegahan Hagia Sophia.  Nama masjid Sultan Ahmed Camii ini lebih dikenal dengan nama Blue Mosque karena banyak menggunakan keramik dari Iznik berwarna biru pada interiornya.

Bangunan megah ini mempunyai 6 minaret / menara, yang cukup spektakuler pada jaman itu.

L1000741

Sesuai etika masuk mesjid harus berpakaian sopan yang menutupi kaki dan bahu. Di pintu masuk ada disediakan kain diperuntukkan untuk men-cover bagian tubuh yang terbuka. Di pintu masuk juga disediakan kantong plastik untuk menyimpan alas kaki. Nanti di pintu keluar ada juga tempat meletakkan kantong plastik bekas alas kaki.

Sholat Ashar di Blue Mosque. Setelah mengambil wudhu di tempat ablution diluar masjid, kami masuk dan sholat di dalam masjid. Bagian wanita dipisahkan, ada di bagian belakang..

 Tempat ablution / berwudhuL1000745

IMG_0906keramik Iznik menghiasi kubah Blue Mosque

    

Rumput di depan saya ini baru ditanam..

IMG_1205menanam rumput di Istanbul ternyata seperti memasang karpet… tinggal dibuka gulungannya..voilaa.. dan terhamparlah rumput hijau dalam sekejab..

ARASTA BAZAAR

Adalah jalan kecil, terletak persis di belakang Blue Mosque, tempat toko-toko yang menjual karpet dan barang-barang handicraft Turki.

L1000788

Kerajinan keramik Turki dengan design nya yang sangat cantik sangat terkenal sejak dahulu kala. Dikenal dengan nama Iznik Tiles, daerah Iznik adalah daerah terkenal penghasil kerajinan keramik yang menghiasi bangunan-bangunan bersejarah di Istanbul. Blue Mosque, Topkappi Palace salah satu yang menggunakan Iznik Keramik

iznik tiles

HIPPODROME

Dulunya sewaktu jaman Romawi merupakan lapangan pusat kegiatan (alun-alun kalau bahasa jawanya). Pada jaman Romawi Hippodrome adalah tempat balapan, horce racing dan chariot racing, sebagai tempat hiburan.

YRS_7903 - Version 2Egyptian Obelisk di tengah Hippodrome di malam hari.

HAGIA SOPHIA

Pagi sebelum jam 9 kami antri tiket di Hagia Sophia dengan harapan masih sepi belum padat dengan group tour, tetapi ternyata sudah cukup panjang juga antrian tiket masuknya.

Hagia Sophia pada awalnya adalah Gereja yang dibangun oleh Kaisar Justinian pada tahun 537 Masehi.  Banyak hiasan lukisan-lukisan religi Nasrani di dinding-dindingnya.. lalu dijadikan Masjid pada jaman Ottoman.

Penguasa Ottoman tidak merusak lukisan2 di dinding interior Hagia Sophia, hanya ditambah dengan beberapa kaligrafi dan mihrab. Sekarang ini Hagia Sophia dijadikan museum.

Antri untuk beli tiket Hagia Sophia.. 

Pintu masuk Hagia Sophia..

Bangunan utama Hagia Sophia. Dome / kubahnya tanpa penyangga.. mirip seperti Pantheon di Roma. 

Lukisan religi Nasrani di dinding bersanding dengan kaligrafi Muslim..

IMG-20120922-01393

Dari lantai dasar ke lantai atasnya tidak ada tangga, melainkan melalui jalan yang berputar naik sampai atas. 

 

TOPKAPI PALACE

Dibangun oleh Sultan Mehmed II, Topkappi Palace merupakan istana tempat penguasa dinasti Ottoman bertempat tinggal selama 400 tahun sebelum pindah ke Dolmabahce Palace.

L1020482

  

Dari depan gerbang Istana Topkappi tampak penjagaan yang cukup ketat di kawasan Istana Topkappi… beberapa penjaga bersenjata mengamati pengunjung yang datang.  Pintu gerbang Istana Topkappi berlapis-lapis sebelum sampai di area utama Istana.

L1020515

Diatas adalah pintu gerbang kedua.. Gate of Salutation (Bab-us Salaam) menuju area inti Istana.

Harem Section. Harem artinya adalah private… disinilah tempat kediaman istri dan anak-anak Sultan.

Dibawah ini pintu masuk menuju Apartement of Holy Mantle. Disini tersimpan benda-benda bersejarah bagi Muslim.. Didalamnya ada Jubah dan Pedang Nabi Muhammad (PBUH), pedang para Sahabat Nabi serta benda-benda bersejatah lain yang sangat menarik. Didalam tidak boleh foto-foto.

Iznik tiles yang menghiasi interior ruangan Topkappi Palace….motif dan warnanya sangat cantik

L1020486

L1020494

 

Topkappi Palace letaknya sangat strategis.. dari Istana ini dapat terlihat pandangan ke berbagai sisi penjuru kota Istanbul.. serangan musuh akan segera dapat terlihat.

L1020516

GRAND BAZAAR

Salahsatu pasar tertua di dunia.. Grand Bazaar memiliki beberapa pintu masuk.   

L1020535

Kios-kios di Grand Bazaa sudah sepi… ini sekitar jam 6 sore.  

EMINOLU

Daerah Eminolu dekat Galata Bridge adalah tempat transit dari tram atau bis, pindah ke kapal yang menyeberangi selat Bosphorus. Sore hari daerah ini sangat ramai dengan penduduk lokal yang pulang kerja.. banyak pedagang streetfood disini.

 L1020900 fish sandwich…

L1020898acar lobak dan timun…. pelengkap fish sandwich

L1020904lokma..semacam donat mini 

 Yeni Camii… Masjid cantik di Eminolu…  

SPICE BAZAAR  

Ini adalah pasar favorit saya… suka sekali melihat watna warninbermacam bumbu dan herbal tea… sambil cucip-cicip aneka turkish delight dan buah kering… 

Nama lain Spice Bazaar adalah Egyptian Bazaar atau Misir Carsisi.  Sesuai namanya, didalam pasar ini menjual aneka ragam bumbu… safron bisa dibeli disini juga.

Aneka ragam bumbu berwarna warni dengan aroma yang khas ditemui disini.

Ternyata ada banyak macam teh di Turki. Di Spice Bazaar ini saya menemukan ada rose tea asli dari rose bud; jasmine tea dari jasmine bud yang besar-besar, melati di turki sepertinya beda dengan di Indonesia….  apple tea adalah irisan buah apel yang dikeringkan, pomegranate tea dari bunga delima; orange tea irisan kulit jeruk orange… dan banyak lagi macam-macam herbal tea disini.
 

Turkish Delight… harga disini kurang lebih sama dengan di tempat lain. Dulu pernah dapat oleh-oleh turkish delight, dan saya tidak begitu suka karena manis sekali rasanya. Disini saya bilang seperti itu ke penjualnya… lalu saya disuruh cicip turkish delight yang terbuat dari pure honey.. ternyata madu membuat rasanya tidak begitu manis dibanding yang menggunakan gula. 

Tentu saja harga turkish delight dengan madu lebih mahal daripada dengan gula.. ☺️  Macam-macam turkish delight .. kombinasinya antara lain pomegranate dengan pistachio, orange dengan almond, natural honey dan pistachio.. dan masih banyak lagi kombinasi rasa nya.. 

Beli 2 kilo di mix untuk oleh-oleh… 

 

Honey comb… madu murni dengan sarangnya 

Buah-buah kering… ada kiwi, peach, fig, nanas, apel.. ada juga yang diisi dengan kacang-kacangan.. sangat unik 

Dibawah ini salah satu adalah doner lokum… salah satu jenis turkish delight   

Diluar Spice Bazaar adalah pasar segar…. dibawah ini adalah keju yang dijual kiloan. Bermacam macam jenis keju ada disini. Saat itu sore sekitar pukul 6 sore, tidak terlihat turis lain selain kami berdua… rata-rata penduduk lokal yang berbelanja disini.

SULEYMANIYE CAMII

Masjid terbesar dan termegah di Istanbul ini dibangun oleh arsitek Mimar Sinan… yang diibaratkan Michaelangelo nya Muslim..

IMG_1173

Pembangunan masjid ini dilakukan pada saat pemerintahan Sultan Suleyman the Magnificent tahun 1558 . Makam Mimar Sinan ada di belakang kompleks Suleymaniye Camii. Makamnya sangat sederhana.

Dibangun diatas bukit, Suleymaniye Camii adalah Masjid terbesar dan termegah di Istanbul. Gaya bangunannya sepintas mirip dengan Blue Mosque tetapi dengan interior yang lebih sederhana.

L1020701

L1020702

  

Dibawah adalah ruang sholat untuk perempuan..

Masjid Suleymaniye mempunyai 4 buah minaret / menara. Hanya Sultan yang boleh membangun masjid dengan 4 menara, anggota keluarga kerajaan lain (prince dan princess) hanya boleh membangun masjid dengan sebanyaknya 2 minaret saja.

YRS_7716tempat berwudhu di Masjid Suleymaniye

 makam Mimar Sinan sang arsitek 

L1020679Hamam tertua di Istanbul, dekat Masjid Suleymaniye

L1020989menikmati turkish cay dan turkish kaffe di salah satu cafe tertua di Istanbul

…..next post :  TURKEY TRIP (5) – ISTANBUL …area sekitar Galata – Taksim – Bosphorus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s