TURKEY TRIP (5) – ISTANBUL….di seberang Galata Bridge

Bagian kedua dari posting tentang Istanbul. Posting Istanbul sebelumnya sekitar daerah Old City di sisi sebelah kiri dari Golden Horn.. Posting kali ini membahas sisi sebelah kanan Golden Horn.

Menyeberangi Galata Bridge ke daerah Karakoy Istanbul, dan Taksim Square menuju Istiklal Caddesi,  Dolmabahce Palace yang terletak di sekitar Karakoy serta menyusuri selat Bosphorus dengan kapal.

L1020755Golden Horn adalah selat yang memisahkan bagian kota Istanbul yang ada di Eropa menjadi 2, Old City dan New City. Istanbul_tourist_map1

 

GALATA BRIDGE 

Jembatan yang melintasi Golden Horn, menghubungkan Old City dengan daerah Karakoy, New City di seberangnya. Dari Old City menuju Taksim dan Istiklal Caddesi melewati jembatan ini.

L1020762

Fish restaurant, bahasa turkinya balikcisi…  ada banyak balikcisi di bawah Galata bridge..

L1020763  Pada sore hari banyak orang-orang yang memancing ikan dari jembatan ini..

YRS_7827 - Version 2

sunset yang cantik dari Galata Bridge

L1020893

GALATA TOWER

Menjulang tinggi diantara bangunan-bangunan di sekitarnya, Galata Tower dibangun pada 1348 oleh bangsa Genoese. Bangsa Genoese mendirikan observation Galata Tower di lokasi daerah kekuasaannya di Pera, berseberangan dengan kota Constantinopel.

Menuju Galata Tower yang dibangun diatas bukit…jalanannya menanjak naik.. 

L1020873

Berbekal peta dari Lonely Planet Turkey, kami melewati tangga unik ini menuju Galata Tower.L1020875

Sampailah di depan Galata Tower.. bahasa turkinya adalah Galata Kulesi. Menara berusia lebih dari 650 tahun ini tampak tinggi menjulang. Terdiri dari 9 tingkat dengan total ketinggian 66,90 meter merupakan bangunan tertinggi pada jamannya.

L1020834 L1020835
Setelah membeli tiket kami digiring naik lift menuju puncak menara. Antrian naik lift cukup lama juga karena hanya ada satu lift yang dipakai bergantian menaikkan pengunjung ke lantai obsevasi di atas menara.

  

 

L1020849

Pemandangan dari puncak observasi Galata Tower… tampak seluruh penjuru Istanbul..  Lebar puncak observasi ini hanya satu meter, cukup sempit, harus sabar bergantian dengan pengunjung lain.

View kota Istanbul sangat indah dilihat dari ketinggian.

Jam buka Galata Tower dari 9.00 pagi sampai malam jam 20.00… cocok untuk menikmati sunset. Kami kurang sore datang kesini, terlalu lama jika menunggu sunset.

Bila ada waktu, bisa makan malam di restaurant di puncak Galata Tower dengan hiburan pertunjukan live ala Turki tetapi harus reservasi dulu sebelumnya.

L1020857

DOLMABAHCE PALACE

Dibangun pada masa kekuasaan Sultan Abdulmecid I pada tahun 1856,  untuk menggantikan Topkappi Palace yang telah dipakai sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarga selama 400 tahun dinasti Ottoman berkuasa. 

Mustafa Kemal Ataturk, founding father dan Presiden pertama Republik Turki menggunakan istana ini sebagai summer Residence. Kamar tempat Ataturk menghembuskan nafas terakhirnya dibuat sama seperti keadaan pada saat itu…bahkan jam nya pun tidak dirubah.

Pintu masuk gerbang utama Dolmabahce Palace… dipintu ini tempat pemeriksaan tiket masuk. Tiket masuk Dolmabahce Palace ini termasuk yang paling mahal dibanding tiket lain di Turki.


Pintu gerbang merah ini adalah gate kedua menuju Istana taman Istana.

Dolmabahce artinya adalah taman yang indah..

Ini adalah Clock Tower  di halaman depan Dolmabahce Palace, sebelum melalui pintu gerbang.

 

Swan Fountain di taman depan Istana

Nah, untuk masuk ke dalam istana harus membungkus alas kaki dengan plastik pink ini… keren kaan 😄

Fasad depan Bangunan utana Dolmabahce Palace.  Masuknya harus dengan guide. Dibatasi per-group dengan satu guide dari Istana. Ada pilihan beberapa bahasa pengantar… cek dulu di website ini: http://www.dolmabahcepalace.com

Didalam Istana Dolmabahce dilarang memfoto dan men-film kan interior di dalamnya. Yang paling menarik di dalam ada tangga kristal.  Karena tidak boleh foto, gambar di bawah diambil dari wikipedia

1200px-Dolmabahce_Baccarat_bannisterhttp://commons.wikimedia.org/wiki/File:Dolmabahce_Baccarat_bannister.JPG#/media/File:Dolmabahce_Baccarat_bannister.JPG

Guided tour di dalam Istana sekitar 20 menit saja… keluarnya melalui pintu samping ini.  Dengan 20 orang dalam satu sesi tour kita benar-benar harus mengikuti langkah guide-nya, tidak boleh keluar jalur dan tidak bisa curi-curi foto..

Tiket bisa dibeli untuk masuk Istana saja atau plus Harem. Saat Kule Cafe…. Cafe kecil di depan kompleks Dolmabahce Palace, menikmati kopi turki dan cake di tepi sungai Bosphorus sebelum jalan kaki lagi.. 

TAKSIM SQUARE

Alun-alun di pusat New City Istanbul ini selalu ramai karena menjadi transportation hub antar districk di Istanbul.  Menuju Taksim Square dari Dolmabahce Palace di Kabatas dengan funicular, kereta api bawah tanah..

 

Stasiun funicular Kabatas – Taksim ada di dekat Taksim Square.  Begitu naik ke atas…sampai di Taksim Square yang ramai..

L1020631 L1020637Dari Taksim Square jalan kaki sedikit sampai di Istiklal Caddesi..

ISTIKLAL CADDESI

Jalan paling terkenal di Istanbul dengan tram merahnya yang sangat khas kota Istanbul.

 

Istiklal Caddesi steril dari mobil.. hanya tram merah ini dan pejalan kaki saja yang bisa melalui jalan ini.

Tips: bila ingin menyusuri Istiklal Caddesi dengan jalan kaki, mulailah dari Taksim Square menuju Beyoglu..jangan sebaliknya karena dari Taksim jalanannya menurun jadi bisa menghemat tenaga dibanding sebaliknya.

L1020656sebuah gereja merah di Istiklal Caddesi

Funicular dari Istiklal Cadd menuju Karakoy… ini adalah salahsatu underground tunnel tertua di dunia. Hanya kalah tua dari London Tunnel.    

BOSPHORUS CRUISE

Menyusuri selat Bosphorus dengan kapal adalah must do things bagi turis di Istanbul.. Ada 2 pilihan perjalanan menyusuri Bosphorus. Yang pertama adalah menyusuri sepanjang Bosphorus sampai di ujung selat berbatasan dengan Black Sea, pilihan pertama ini memerlukan waktu 5-6 jam. Pilihan kedua hanya setengah perjalanan sampai dengan Fatih Sultan Mehmed Bridge, putar arah lalu kembali ke Eminolu, pilihan kedua ini sekitar 1,5 jam saja di laut.

Kami memilih yang 1,5 jam saja… karena masih banyak yang mau dilihat di Istanbul. Kami menggunakan operator kapal Turyol. Membeli tiket  Bosphorus Cruise Turyol di Eminolu seharga kurang lebih 12 lira satu orangnya. Ferry nya lumayan besar seperti dibawah ini.

YRS_7727

Melewati Dolmabahce Palace… di bawah ini adalah Rumeli Hisari .. benteng yang didirikan Sultan Mehmed II di bagian Eropa untuk memantau musuh yang melewati Black Sea.

L1020793

Di seberang Rumeli Fortress ada Anadolu Hisari, benteng di bagian Asia, sepintas terlihat kondisinya lebih tidak terawat dibanding Rumeli Hisari.

L1020806

Sampai di Fatih Sultan Mehmed Bridge… ferry akan berputar setelah melewati Rumeli Hisari.

L1020814

Villa-villa di tepi Bosphorus.

L1020801

melewati Kiz Kulesi... atau Maiden Tower. Sekarang tempat ini adalah restaurant, sangat unik lokasinya berada ditengah-tengah selat Bosphorus.

L1020822

TRAM di Istanbul

Transportasi di Istanbul cukup nyaman, kami kemana-mana naik tram yang melintasi daerah Sultanahmed tempat kami menginap.  

Tram di Istanbul bersih dan nyaman. Sebelum naik tram beli tiket di Jeton, ada di luar tram station.   Tram yang melintasi Divanyolu street, daerah Sultanahmed menuju Eminolu tempat Bosphorus ferry berada, dan menyeberangi Galata Bridge menuju Kabatas, tempat Dolmabahce Palace berada…. Arah tram sebaliknya menuju Grand Bazaar dan Masjid Suleymaniye.

Tram station di Divanyolu ini sangat dekat dengan Hagia Sophia, Blue Mosque, Hippodrome, Topkappi Palace dan  Basilica Cistern

15 hari total perjalanan Turkey Trip yang terbagi menjadi 5 postingan… dibantu personal guide dibawah ini 

Masyarakat Turki sangat ramah, walaupun ada kendala bahasa tetapi mereka sangat ringan tangan dalam membantu kami yang sedikit kebingungan mencari alamat… dengan niat baik, open mind dan senyum ramah Insya Allah banyak yang akan membantu bila kita ada kesusahan…

Gule gule… tesekkur ederim…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s