JAPAN TRIP (1) – Tokyo 

Japan Trip:  Tokyo – Kyoto – Yudanaka  “Snow Monkey” – Tokyo

Liburan ke negara matahari terbit kali ini bersama 3 anak yang ingin melihat salju untuk pertama kalinya.  Penerbangan Jakarta menuju Tokyo ditempuh selama selama 7 jam. Berangkat dari Jakarta tanggal 1 Januari malam, kami tiba di bandara Narita, Tokyo tanggal 2 Januari jam 7 pagi. Cuaca di Tokyo di bulan januari ini lumayan cerah, suhu udara berkisar 14 derajat celcius.

Ada 2 bandara di Tokyo, Haneda dan Narita. Garuda Indonesia mendarat di bandara Narita yang lebih besar, dan lebih jauh jaraknya dibanding bandara Haneda. Dari bandara Narita ke Shinjuku, hotel kami di Tokyo, kami naik kereta Narita Express, kurang lebih 1 jam perjalanan langsung menuju Shinjuku station.

Kereta api Narita Express… kebetulan gerbong kami sepi. Di bawah ini adalah tempat koper yang ada di dekat pintu masuk gerbong.

Sampai di stasiun Shinjuku, jalan kaki 15 menit ke hotel di Higashi Shinjuku. Kami titip koper di hotel, karena belum jam check-in. Stasiun subway pas berada di sebelah hotel.

IMPERIAL PALACE – Emperor’s Greeting

Imperial Palace adalah istana tempat kediaman Kaisar dan keluarganya.

Setiap tanggal 2 Januari Kaisar dan keluarga kaisar mengadakan open house di Istana. Pintu gerbang utama Imperial Palace pada saat itu akan dibuka untuk umum. Kesempatan bagi masyarakat umum untuk masuk melalui gerbang utama dan melihat Kaisar beserta keluarga secara langsung ini hanya ada dua kali dalam setahun. Pada hari ulang tahun Kaisar dan pada tanggal 2 Januari saja.

Keamanan sangat ketat, banyak sekali polisi berjaga di sekitar istana. Begitu keluar dari stasiun subway langsung tampak beberapa polisi menjaga dan mengarahkan.

Setelah melalui x-ray dan periksa isi tas, tidak boleh bawa tripod, makanan dan minuman, kami masuk ke dalam Imperial Palace melalui Nijubashi (Main Gate).

Melewati tetsu-bashi .. iron bridge.. 

fushimi yagura.. guard tower di Imperial Palace.

Ada beberapa sesi greeting dalam sehari, dimulai dari jam 10.10 pagi. Kami tiba pas di sesi terakhir jam 14.20. Pintu gerbang akan ditutup pada jam 14.10.

Pidato Kaisar Akihito menyambut tahun baru… tampak Kaisar Akihito dan keluarga di balkon. Beberapa menit Kaisar berpidato.. dalam bahasa Jepang..

lapangan ini penuh dengan masyarakat tua, muda yang ingin bertemu langsung dan mengucapkan selamat tahun baru dengan Kaisar.. setelah pidato Kaisar selesai.. mereka melambai-lambaikan bendera sambil meneriakkan banzai!…banzai!… yang artinya sepertinya hidup Kaisar! .. 

ada 3 pintu keluar.. kami keluar melalui Kikyumon Gate


Dari map di atas, pada saat Emperor’s Greeting pengunjung akan masuk lewat main gate, berkumpul di no 7 Kyuden Totei Plaza. Kaisar dan keluarga ada balkon di no 8 Kyuden (Imperial Palace)… keluar melalui no 1 Kikyumon Gate.

Dari Imperial Palace kami naik subway kembali ke hotel di Higashi Shinjuku untuk check in dan istirahat.

Hanazono Shrine – Shinjuku

Malam hari jalan kaki di sekitar hotel. Ternyata banyak orang Jepang yang ibadah tahun baru di kuil Hanazono di Shinjuku.

Torii di Hanazono Jinja

Ramai dengan penduduk lokal yang beribadah tahun baru.. beberapa mengenakan kimono.

Omikuji … paper prayer  ini adalah kertas berisi ramalan nasib yang digantungkan di luar kuil.

Street food.. Penjual ramen kaki lima di luar kuil.

UENO ZOO

Pagi setelah sarapan kami naik kereta JR dari Shinjuku ke stasiun JR Ueno..lalu jalan kaki ke Ueno Zoo.

Cuaca pagi ini ceraah, langit biru walaupun angin yang bertiup di musim dingin ini tetap membuat badan tropis kami merasa dingin.. pagi hari suhu sekitar 8 derajat, siang dibantu matahari suhu 15 derajat.. lumayan sedikit panas

Melihat panda di Ueno Zoo.. ada sedikit antrian di area Panda.

Panda sedang makan bambu.. ada 2 panda disini, kandangnya tidak begitu besar.. kita memutari kandang mengikuti arus pengunjung lain.. agak jauh juga jaraknya..

Polar Bear juga ada disini..

melihat Polar Bear dari tempat observasi di bawah kolam Ueno zoo ini sangat luas… kami naik monorail untuk melihat Red Panda yang ada di bagian sisi lain. meet Master Shifu… Red Panda  

Scarlet Ibis 

 

ASAKUSA

Ke arah Tokyo Sky Tree di Asakusa.. Asakusa Line Subway

Tokyo Sky Tree… kehabisan tiket, akhirnya makan es krim saja di mall di bawah Sky Tree.

 

Asakusa Temple. Nakamise-dori, jalanan ini di kanan kirinya banyak penjual souvenir dan snack… ada mochi, semacam wafel dan yang khas nya adalah rice cracker… 

Big lantern… di depan pintu masuk Senso-ji Asakusa. 

sebelum ibadah di dalam kuil berkumur2 membersihkan diri dengan air dan asap di depan kuil.

SHIBUYA 

Pagi-pagi dengan subway Shibuya..

Patung Hachiko di dekat stasiun Shibuya

Pokemon Center Tokyo

Lokasinya di Minato, agak jauh juga.. kami naik subway menuju Daimon station, turun dari station banyak Pikachu sign menunjuk arah Pokemon Center.

Keluar stasiun menemukan manhole lucu ini..

Di bawah Tokyo Station, adalah tempat berbagai macam karakter kartun Jepang..

Nontan… si kucing putih kecil, bacaannya anak-anak waktu kecil

Rilakuma… beruang coklat kesukaannya si kakak

Miffi .. kelinci putih produksi BBC ini dulu tiap pagi selalu menemani si kakak

Sarapan pagi di Sukiya… salmon dan kawan-kawannya

Ini semacam tiki jne di Jepang.

Tokyo Banana … semacam chiffon cake yang lembut dengan filling banana cream.

TRANSPORTASI di TOKYO

Kami beli JR pass di Jakarta. Dengan JR pass bebas menggunakan kereta api JR selama di Jepan, termasuk beberapa Shinkansen.

Untuk di Tokyo, JR Pass berlaku di Yamanote Line yang warna hijau. Ada beberapa perusahaan kereta api di Jepang, tidak semuanya bisa menggunakan JR pass. Secara umum JR Yamanote line adalah kereta api dengan rel diatas (bukan subway).

Selama di Tokyo kami banyak menggunakan subway metro dan kereta JR. Sedapat mungkin memaksimalkan penggunaan JR Pass. Untuk tempat-tempat yang cukup jauh dari stasiun JR  kami beli lagi tiket subway dan metro 1 day pass seharga 1000 yen. 

 

….next posting:  Japan Trip (2) : KYOTO – NARA – OSAKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s