JAPAN TRIP (3) – JIGOKUDANI SNOW MONKEY

Trip selanjutnya dari seri Japan ini adalah ke Jigokudani Snow Monkey di Yudanaka. Trip dari Kyoto ke daerah Yudanaka ini adalah dalam rangka mencari salju, mumpung berada di negara 4 musim, supaya anak-anak mendapat first snow experience..  Kami pilih salju di Yudanaka karena tertarik dengan perjalanan trekking melintasi hutan Jigokudani (hell valley) menuju kolam air panas tempat  Snow Monkey berada.

Yudanaka, di kota Yamanouchi juga terkenal sebagai tempat permandian air panas (hot-spring town  atau onsen town).  Sumber air panas alami Yudanaka berasal dari gunung berapi yang mengelilingi Yudanaka. Banyak sekali onsen / tempat permandian air panas disini.

Dibawah ini adalah pancuran air panas alami di depan Shimaya Ryokan tempat kami menginap di Yudanaka.

L1040129Dari Kyoto lumayan panjang juga perjalanan ke Yudanaka. Dengan kereta api 3 kali transit ganti kereta di 3 kota. Transit pertama di Nagoya, dari Kyoto menuju Nagoya dengan kereta api Tokaido Shinkansen ditempuh kurang lebih 30 menit. Di Nagoya ganti kereta api Chuo Express-line Shinano menuju Nagano, yang ditempuh kurang lebih 3 jam. Lalu di Nagano berganti lagi dengan kereta api Nagano Dentetsu-line menuju Yudanaka station, waktu tempuh dari Nagano-Yudanaka kurang lebih 50 menit.

L1040145Sampai di Yudanaka station sekitar jam 1 siang, kami dijemput oleh Mr. Ichiro Yumoto, pemilik Shimaya Ryokan tempat kami menginap.

L1040132Lepas sepatu, ganti dengan sandal sebelum masuk Shimaya Ryokan..

L1040131

Setelah check-in, bersama Mr Ichiro membahas kegiatan apa saja yang akan kami lakukan selama 2 hari di Yudanaka. Siang ini Mr Ichiro akan mengantar kami menuju Kitashiga Kogen, tempat ski yang tidak terlalu besar. Tempat ski terkenal di Nagano adalah Shiga Kogen yang sangat luas areanya, sedangkan Kitashiga Kohen lebih kecil, lebih dekat dan biasanya hanya orang-orang lokal saja yang ski di Kitashiga Kogen. L1030947Kami di-drop di pintu masuk Kitashiga Kogen, didekat Hotel Meiko… sebelumnya kami janjian 3 jam lagi akan dijemput ditempat yang sama.

Mr Ichiro meminjamkan snow sleding dan sepatu boot yang tidak licin untuk kami pakai selama menginap di Shimaya.

Cuaca cukup cerah…dingin tapi udaranya nyaman, kering dan tidak berangin.

Pengalaman snow experience pertama buat anak-anak… si bungsu sangat menikmati snow sleding -nya.. naik bukit, meluncur kebawah… bolak balik sampai lebih dari 15 kali si bungsu naik turun bukit dengan semangat..😊😊

Sempat juga kami berniat naik lift sampai puncak bukit… tapi kepikiran nanti turunnya bagaimana, sementara kami semua tidak ada yang bisa ski..

Beberapa view cantik Kitashiga Kogen

Tidak sampai 3 jam kemudian kami dijemput Mr Ichiro, kembali ke Shimaya.

Shimaya mempunyai tempat permandian air panas pribadi / onsen untuk dipakai tamu-tamu nya. Kami booking onsen untuk family jam 7 malam.

Ini adalah ruang untuk meletakkan pakaian.

Ruang onsen..  Peraturan sebelum masuk ke kolam onsen adalah kita harus membersihkan badan dulu, mandi dengan sabun, setelah bersih baru masuk ke kolam onsen.

Air panas alami langsung dari bawah tanah dialirkan ke -onsen onsen di Yudanaka. Airnya bersih, tidak berbau belerang.

Kamar di Ryokan dengan tatami untuk tidur seperti ini..

Pagi hari, breakfast room di Shimaya.. Sarapan nya seperti ini.. sebenarnya ada sosis nya tapi karena tidak halal kami menolak dengan halus..  L1030962

sarapan sereal, roti dan buah plus secangkir kopi

Pagi ini acara kami akan short trekking 1,6 km menuju snow monkey pool di Jigokudani ( hell valley). Tidak mengerti juga kenapa di sebut Hell’s valley.. mungkin karena air yang ada disitu, kanal kecil berikut kolam kolam air di situ selalu berasap, uap air dari air panas alami jadi bagai berjalan di neraka begitu.. ☺️

Mr Ichiro mengantar kami dengan mobil sampai depan gapura Jigokudani Snow Monkey.

Mulailah short trekking 1,6 km masuk hutan dengan kondisi jalanan yang sedikit licin, di beberapa tempat berlapis es tipis yang sangat licin. Beruntung sekali kami dapat pinjaman boot dari Shimaya.. sepatu biasa akan sulit melewati jalan licin ini.

L1040084

Menemukan manhole Jigokudani

Ditengah tengah hutan ini ada Ryokan juga ternyata..

Tidak terasa sampai juga di Snow Monkey Pool.. beberapa rules bagi pengunjung snow monkey.. L1040005

Harap diingat bahwa mahluk lucu ini masih liar, walaupun kelihatan jinak dan ramah.. jangan terlalu dekat2 untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan.

L1040011Dikolam air panas… even monkey need a spa too..

selang air ini sepertinya hangat jadi betah si monkey memeluk selangnya..

kolam hot spring nya tidak besar.. si monkey akan keluar bila sudah kepanasan, kalau kedinginan dia masuk lagi..

view sekitar snow monkey pools

L1040047

L1040023

Kurang lebih satu jam di sini kami jalan kembali ke pondok tempat beli tiket.. disitu disediakan teh panas dan ada toilet yang bersih.. kami pinjam telpon untuk menelpom Shimaya minta dijemput di depan gapura masuk. L1040089

L1040063

Kembali ke Shimaya, packing dan check out

L1040090

L1040093

berfoto dulu dengan Mr dan Mrs Yumoto sebelum meninggalkan Shimaya..

Kereta api jam 1 akan membawa kami dari Yudanaka stasiun ke stasiun Nagano. Kota Nagano ini pernah jadi tuan rumah Winter Olympic pada tahun 1998.

Dari Nagano naik Shinkansen Asama menuju Tokyo sekitar 2 jam. Shinkansen Asama.. lucu dengan stiker Snow Monkey-nya

Total perjalanan kami 10 hari di Jepang, berangkat dari Jakarta tanggal 1 Januari 2012 , kembali ke Jakarta tanggal 10 Januari 2012 dengan kaki pegal dan memori yang indah…