SINGAPORE… snapshot di tetangga sebelah

Negara tetangga sebelah kita ini setiap tahun selalu berbenah menambah cantik negaranya.. Bila di Indonesia hutan semakin banyak ditebang, di Singapura malah semakin hijau.. taman-tamannya tambah asri dan sejuk.

Banyak penerbangan murah ke Singapura, harganya kadang malah lebih murah daripada ke Bali. Yang mahal adalah hotel dan biaya makan serta tiket masuk tempat wisatanya. Singapura saat ini masuk dalam kategori salah satu kota termahal di dunia.

Negara kecil mungil ini memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata. Tempat favorit wisatawan ke Singapura biasanya adalah Sentausa Island, playground nya Singapur. Di Sentausa Island ada Universal Studio dan Aquarium yang baru buka, Resort World. Di daerah Marina ada Marina Baysand, hotel super besar di pinggiran Marina dan Garden by the Bay. Orchard Road, yang masih tetap bertahan menjadi surga belanja dengan mal-mal nya yang makin banyak di sepanjang jalan. Singapore Zoo dan Bird Park di Jurong, dan satu lagi tempat bermain anak di Legoland, ini sebenarmya masuk ke Malaysia, tetapi lebih mudah dicapai lewat Singapura.

Daerah lain yang lebih tradisional seperti China Town dan Little India, Bugis Village juga tidak kalah menarik.. Belum lagi spot-spot jajanan hawker food / street food.

Daerah favorit saya di Singapura adalah Colonial District sekitar hotel Fullerton dan Esplanade. Beberapa foto hasil main-main ke tetangga sebelah kita ada di bawah ini.. 

COLONIAL DISTRIC

Setiap ke Singapura selalu menyempatkan jalan sore disekitar Colonial District, menunggu sunset di Marina Promenade.

Cavanagh Bridge,  jembatan tertua di Singapura. Dinamakan sesuai nama Gubernur Jenderal Colonel Cavanagh

Jembatan tertua di Singapura ini dibuat di Glasgow oleh P&W Maclelland pada tahun 1868. Melintang di atas Singapore River. Saat ini Cavanagh Bridge hanya boleh dilalui orang saja. 

Daerah Colonial District  ini bersebelahan dengan Central Business District, gedung-gedung tinggi financial center di Singapura.

L9992281

Patung kucing dengan dua kitten ini ada di dekat Cavanagh Bridge. Patung kucing ini ternyata punya nama lain Kucinta... dari asal kata kucing dan cinta… 
Anderson Bridge, bersebelahan dengan Cavanagh Bridge diambil dari Esplanade Park. 

L9992261

GARDEN BY THE BAY 

Konsep Garden by the Bay, kompleks taman dan hutan buatan yang sangat luas di Singapura ini, nantinya akan berfungsi seperti paru-paru yang mensuply pasokan udara bersih di negara ini.  18 Supertree dengan tinggi bervariasi 25 meter sampai 50 meter dalam kompleks Garden by the Bay ini merupakan vertikal garden. Supertree juga berfungsi sebagai penampung air hujan dan sekaligus berfungsi sebagai solar power yang merubah energi matahari untuk digunakan sebagai sumber energi listrik yang digunakan di kompleks ini.

Berjalan-jalan di antara Supertree dapat dilakukan dengan melalui OCBC Skywalk untuk memandang Supertree dari dekat.

L1060110

Ada 2 buah Dome / Kubah besar di komplek Garden by the Bay. Flower Dome dan Cloud Forest

Flower Dome berisi taman-taman bunga di berbagai belahan dunia.. yang sering berganti tema.. di bulan April ada Tulip festival di taman ini meniru Keukenhoff di Belanda. 

Cloud Forest merupakan tiruan hutan hujan lengkap dengan air terjun buatan setinggi 35 meter, the Falls seperti di bawah ini.
Begitu masuk ke dalam Cloud Forest kita langsung berhadapan dengan air terjun The Falls dengan dinding vertikal garden yang dipenuhi tanaman pakis. Banyak juga tanaman kantong semar tumbuh subur di vertikal garden.

Menyusuri Skywalk didalam CloudForest cukup seru… 

Kantong Semar banyak sekali terdapat di Tropical Forest, Cloud Forest

L1050992   L1060018 

SEKITAR MARINA 

Marina Baysand. Hotel super besar yang di bangun di tanah reklamasi di daerah Marina. Dibawah ini Marina Baysand dari arah gedung durian, Esplanade.

Didalam Marina Baysand, tidak hanya hotel tetapi juga shopping mall yang superbesar.

L1060138

L1060147

ArtScience Museum, dengan kolam teratai di depan pintu masuk museum. Terletak di sekitar kompleks Marina Baysand. 

  

Jembatan Double Helix di malam hari ketika lampu-lampunya menyala sangat dramatis. Jembatan menyerupai bentuk DNA ini  menghubungkan Esplanade dengan Marina Baysand.

L1060293

Esplanade, Theatre on the Bay… gedung theatre yang menyerupai durian..  

YRS_1219_1020 - Version 2

Blue hour Singapore Dusk..

L9992337

CHINATOWN  

Selalu suka melihat warna warni cerah di daerah Chinatown.

L1060200

Salah satu souvenir di Chinatown

Menemukan jar ini di salah satu toko di Chinatown… rendaman ginseng dan ular.. hiii

 

HAWKER / STREET FOOD 

Beberapa makanan yang sempat difoto… Chilli Crab dan White Carrot Cake di Newton Food Center…pilih yang berstiker halal.. Chilli Crab ini ada roti mantau goreng yang enak sekali di cocol ke kuah..tapi kelupaan masuk foto.

kita ada pesan Red Carrot Cake juga tapi ngga sempat difoto.. bedanya hanya di kecap-nya. Red Carrot Cake lebih manis dari yang white.

L1060259 L1060261

Es Chendol dan Es Black Sesame di Mei Heong Yuen Traditional Dessert, Chinatown. Dilengkapi satu botol saus gula kelapa / kinca yang boleh dituang sebanyak-banyaknya..

Es Chendol ini porsinya besar..bisa untuk 3 orang. Ada cincau hitam dan kacang merah disisinya.  Yang ini enaak, gula kelapanya makin banyak makin enak karena es serutnya tidak begitu manis.

L1060182

Es Black Sesame .. kurang begitu suka, rasanya nanggung, wijen hitam dan santan nya kurang terasa, terlalu banyak air. Dilengkapi juga dengan kacang merah di sisi-sisi bawahnya.L1060180

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s