LABUAN BAJO, FLORES TRIP (1)

Labuan Bajo terletak di Flores NTT. Penerbangan ke Labuan Bajo dari Jakarta tidak ada yang direct, musti transit Denpasar dulu. Kami berangkat dari Jakarta sekitar jam 8 pagi, transit 2 jam di Denpasar dan sekitar jam 1 siang take off menuju Labuan Bajo.  Denpasar ke Labuan Bajo ditempuh kurang lebih 1,5 jam dengan pesawat baling-baling yang terbang rendah melewati pulau Lombok dan Sumba.

Sepertinya ini adalah puncak gunung Rinjani dari atas, sewaktu pesawat melintasi pulau Lombok..

L1100224

1,5 jam terbang dari Denpasar, tibalah kami di Labuan Bajo sekitar jam 2 siang.. Cuaca di Flores sangat cerah di bulan September. Bandara Labuan Bajo pada saat itu masih baru selesai di renovasi. Tampilannya bagus dan modern, walaupun handling bagasinya agak lama. Saat itu hanya  2 pesawat di bandara, pesawat kami Garuda Explorer dan satu pesawat WingsAir yang akan take off.

.L1100234

Di bandara kami dijemput mobil menuju hotel di daerah Pantai Pede, kurang lebih 15 menit naik mobil dari bandara.

Ini adalah gambar kota kecil Labuan Bajo dari atas bukit. Kebetulan hari itu sedang ada kapal Pelni KM Tilong Kabila sedang bersandar. KM Tilong Kabila adalah alternatif lain transportasi ke Labuan Bajo. Berangkat dari Benoa Bali, mampir di Bima, Labuan Bajo dan dari Labuan Bajo menuju Makassar.

L1100244
Setelah check in dan keliling2 sekitar hotel kami memutuskan jalan kaki ke pusat kota Labuan Bajo. Jalan kaki dari hotel ke pusat sekitar 20menit menyusuri pinggiran jalan raya. Tidak banyak kendaraan pribadi yang lewat di jalan raya, kebanyakan angkot dan motor.
Mampir di minimarket untuk beli stok kopi 3 in 1 yang ketinggalan di Jakarta.. Minimarket lokal ini lumayan besar dan lengkap, mulai dari makanan kecil, susu, obat2 bebas, lotion anti nyamuk, perlengkapan mandi sampai sun block tersedia..

Yang namanya pusat kota Labuan Bajo cukup kecil, hanya di sekitar jalan utama Jl Soekarno Hatta sampai ke arah Pelabuhan. Di kanan kirinya banyak restaurant Seafood dan resto/osteria/trattoria ala Italia…sepertinya banyak turis Italia yang menetap di Labuan Bajo. Kantor2 travel agen juga banyak di sekitar jalan ini.

L1100918

Kami memutuskan makan malam sambil menikmati sunset di resto Treetop yang menurut teman saya pemiliknya adalah orang lokal Flores.

L1100240

Restonya malam itu tidak terlalu ramai. Suasananya cukup nyaman dan lokasi tepat menghadap ke arah sunset.  Makan malam dengan menu makan malam ikan bakar dan ca sayuran..

IMG_0455

Setelah makan kami jalan kaki kembali ke hotel.. istirahat yang cukup untuk besok berlayar 3 hari di Taman Nasional Komodo.

Pagi hari setelah sarapan di horel, jam 9 pagi kami dijemput mas Agus, guide kami di Labuan Bajo. Mas Agus ini ternyata jabatan resminya adalah Ranger Komodo di pulau Rinca, kebetulan sedang cuti jadi bisa menemani kami jadi guide di Taman Nasional Komodo.
Perjalanan naik mobil menuju pelabuhan tempat kapal phinisi yang akan membawa kami berlayar melewati pasar ikan.. Penduduk lokal menyebutnya TPI (tempat pelelangan ikan).

TPI Labuan Bajo

Pedagang ikan di TPI Labuan Bajo kebanyakan pendatang asal Makassar.. Nelayan-nelayan menjual hasil tangkapannya di TPI ini. Pembelinya restauran dan hotel di sekitar Labuan Bajo.

L1100900

L1100249

Lobster tangkapan hari ini…cukup mahal harganya, sepertinya pembeli belum ada yang cocok

L1100250

Ikan segar hasil tangkapan hari ini

L1100255

Bermacam-macam ikan asin yang dijual di TPI..

L1100258

Perahu nelayan penduduk sekitar Labuan Bajo..

L1100273

IMG_0456

Meninggalkan Labuan Bajo, berlayar menuju Taman Nasional Komodo

 

….. bag (2): LABUAN BAJO, FLORES TRIP – Hari 1 on Board KOMODO : Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Kalong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s