ITALY TRIP (2) – Off the beaten path: CINQUE TERRE 

Cinque Terre adalah 5 desa Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza dan Monterosso Al Mare yang berada tepat di sisi tebing laut Mediterania.  Kawasan Cinque Terre, daratan dan perairannya masuk dalam World Heritage Site Unesco, dan juga menjadi Taman Nasional di Liguaria, Italy. Website CT dapat dilihat disini:   http://www.parks.it/parco.nazionale.cinque.terre/Eindex.php

IMG_3359

Transportasi menuju salah satu desa di Cinque Terre paling nyaman dengan kereta api. Sewa mobil bisa dilakukan, tetapi karena kontur desa-desa Cinque Terre yang naik turun, parkiran mobil berada agak di luar desa. Naik kereta api kalau dari Roma atau Florence menuju stasiun La Spezia, dari La Spezia lalu pindah kereta api. Kereta api Cinque Terre akan berhenti di stasiun-stasiun di kelima desa di Cique Terre:  Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza atau Monterosso Al Mare.

Cinque Terre  dikenal dengan desa-desanya yang berwarna-warni di tepi laut,  alamnya yang masih asli merupakan  salah satu jalur walking trail terbaik di dunia. Ada banyak jalur trekking di Cinque Terre dari mulai yang mudah sampai jalur yang berat dan sulit. Walking trail yang popular adalah Sentiero Azzure atau Blue Path. Jalur ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, ini adalah rute yang dipakai penduduk ke-5 desa yang terhubung dari  Riomaggiore sampai Monterosso al Mare melewati pingiran tebing pinggir laut.

Cinque_Terre_Hiking Map

Sebelum merencanakan trekking ke sini sebaiknya cek dulu jalur trekking mana yang bisa dipakai. Sewaktu kami kesana di bulan Mei 2014, hanya jalur Vernazza – Monterosso, dan Vernazza – Corniglia saja yang dibuka. Jalur lainnya sedang ada perbaikan longsoran.

 VERNAZZA

Di Cinque Terre kami menginap selama 2 malam di Vernazza, yang konon katanya adalah desa tercantik di Cinque Terre. Sebenarnya bukan yang tercantik, tetapi Vernazza cukup ideal bagi kami karena kontur tanah di jalan utama Via Roma, yang menghubungkan beach / harbour dengan stasiun kereta api walaupun menurun jalannya tetapi tanpa tangga. Dan Vernazza termasuk desa yang compact, mudah di jelajahi.

buon giorno Vernazza

L1080445

Diatas adalah Piazza Marconi, satu-satunya piazza  di Vernazza yang terletak di depan pelabuhan.

Dari stasiun Florence kami naik kereta api ke Vernazza  sekitar 3 jam ke  LaSpezia. Dari La Spezia ganti local train yang menuju Cinque Terre.

L1080111

Jalur kereta lokal di Cinque Terre menghubungkan 5 desa menyusuri tepi laut dan masuk terowongan seperti di bawah ini.

L1080070

L1004042

Dari stasiun ke hotel jalan kaki 15menit menanjak ke arah atas . Kontur tanah di sini naik turun karena desanya dibangun pas di tebing pinggir laut.

IMG_0506

Rumah-rumah penduduk di Vernazza berupa apartement bertingkat dengan cat warna warni dan banyak naik turun anak tangga. Pastikan memakai sepatu yang enak untuk menjelajah Cinque Terre.

L1080058

L1080056

 

 

 

L1080068

Vernazza punya pantai kecil di balik tebing, aksesnya masuk lewat gua di tengah desa…dan keluarnya pas di pantai kecil berbatu di bawah ini.

L1080040 L1080044

 

 

Pantai di Vernazza berpasir batu. Batunya berwarna warni, ada yang merah, biru, abu2.  Dari gambar di bawah terlihat bangunan di Vernazza dibangun di atas tebing batu.

IMG_0503

Cuaca di pertengahan Mei masih agak dingin. Suhu siang hari sekitar 20 derajat, sore suhu mulai  drop sampai 10 derajat di malam hari.

Pagi sekitar jam 7 setelah sarapan kita mulai trekking ke Monterosso al Mare. Sehari sebelumnya kami beli tiket 1 day pass walking trail + train, bebas menjelajah kawasan CT dan bebas naik  kereta api lokal selama 1 hari.

IMG_2013

Ini adalah penampakan Vernazza dari ketinggian. Kelihatan sangat cantik berwarna warni.. Tampak jelas Belforte / benteng diatas tebing Vernazza.

IMG_0499

L1080132

Di sekitar Cinque Terre banyak kebun anggur dan kebun lemon. Seminggu sebelum kita kesini ternyata ada Lemon Festival yang dipusatkan di Monterosso al Mare. Di bawah ini adalah kereta kecil yang digunakan untuk membawa hasil panen penduduk Vernazza,

L1080123

Ini sekitar seperempat perjalanan trekking dari Vernazza…cuaca agak mendung, sedikit gerimis.

bella vista

Bunga poppy berwarna oranye di jalur trekking..

IMG_0504Menemukan lovers lock di kawat pengaman jalur trekking… tampak Vernazza dan Corniglia.

lovers locks

L1080177

Setengah perjalanan,  masih belum bertemu orang lain…

IMG_0498

L1080166

Di dalam ember biru itu ada makanan kucing kalengan dengan tulisan,  mohon agar pejalan kaki yang lewat membuka kaleng makanan untuk kucing liar di sekitar hutan ini. Waktu itu ada 2 kucing yang kelihatan lapar di sekitar tempat ini, sewaktu saya buka makanan kaleng,  mereka langsung mendekat.  Dekat ember biru itu ada kaleng donasi untuk membeli makanan kucing.

L1080174

Petunjuk jalan ke arah Monterosso berupa cat merah putih yang ada di sepanjang jalur trekking.. tidak perlu guide, tinggal ikuti saja.

L1080200

Jembatan batu ini ada kira2 setelah 2 jam jalan kaki. Semakin mendekati ke Monterosso..

L1080214

Monterosso al Mare tampak dari jauh..

L1080227

Kebun lemon dengan buah lemonnya yang sudah waktunya dipetik…kuning-kuning dan banyak buahnya…

L1080240

Semakin mendekati Monterosso al Mare..

L1080241

 

MONTEROSSO AL MARE

Setelah 3 jam trekking, sampai di Monterosso al Mare.. Ini adalah pantai di ujung jalur trekking ke Vernazza.

L1080270

IMG_3394

Dari 5 desa di Cinque Terre, hanya Monterosso al Mare yang mempunyai garis pantai dengan pasir yang cukup luas.

Pantai untuk umum di Monterosso al Mare ini kurang lebih sekitar  jam 11 pagi. Cuaca mendung agak dingin untuk berenang..

Monterosso al Mare's beach

Boulevard di pinggir pantai.

L1080276

Istirahat sebentar di Monterosso al Mare, lalu  kami ke stasiun, naik kereta api ke Riomaggiore..

L1080297

 

RIOMAGGIORE

Kereta api dari Monterosso berhenti di stasiun Vernazza, Corniglia, Manarola dan sekitar 40 menit sampai di Riomaggiore.  Dari arah Roma dan Florence, Riomaggiore adalah desa pertama dari lima desa.L1080356

L1080335L1080343

L1080361

Dermaga di pantai kecil Riomaggiore ..penuh dengan kano dan perahu-perahu kecil.

L1080302

L1080311

Jalur trekking Via del Amore yang menghubungkan Riomaggiore dengan Manarola ditutup. Menurut berita ada longsoran di tengah jalur yang sedang dalam perbaikan.. terpaksa ke Manarola dengan kereta api.

L1080353

via delatore...closed

 

MANAROLA

Dari Riomaggiore sekitar 10 menit naik kereta api sampai di Manarola… Alhamdulillaah cuaca cerah dan langit biru.

L1080380Di Manarola lebih banyak tangga naik turunnya dibanding Vernazza dan Monterosso.

L1080363

Tidak ada pantai di Manarola, untuk berenang bisa di ceruk kecil yang terlindung batu karang.

L1080365

 

IMG_0502

Manarola yang berwarna warni…sungguh cantik.

IMG_0500

Dari Manarola naik kereta api kembali ke Vernazza.  Istirahat sebentar di hotel, lalu kita makan malam di Gambero Rosso dekat marina.

Trofie pesto dan Grilled seafood di Gambero Rosso..dessert nya adalah Panna cotta..

IMG_1787

 

panna cotta

 

 

Malam terakhir di Vernazza, besok pagi dengan kereta jam 9 kami menuju Florence. Suasana  sore di Vernazza, sudah sepi… kebanyakan turis datang pagi dengan ferry dan kereta api, menghabiskan waktu beberapa jam saja di Cinque Terre lalu sorenya meninggalkan CT. Saat-saat ini sepi dari turis inilah penduduk lokal Vernazza mulai keluar rumah dan bersosialisasi sambil menikmati sunset di marina

L1080021

 

IMG_0508

IMG_0509

Vernazza di waktu malam hari…sangat kontras denga suasana siang yang sangat penuh dengan turis.

L1080430

 

IMG_0510

Pagi hari di Vernazza sebelum naik kereta ke Florence….penjual buah-buahan ini tidak setiap hari ada berjualan disini.

L9993578

IMG_0507

 

KULINER DI CINQUE TERRE

Snack gorengan seafood dalam cone banyak ditemukan di Cinque Terre.. ada pilihan udang, cumi, fish nugget, yang paling enak adalah ikan sarden yang digoreng lapis tepung.

frutta di mare..udang, cumi, ikan dkk

Di dermaga Vernazza ada gelateria Il Porticiolo yang enak rasanya. Untuk yang rasa lemon / limone, lemonnya asli dari Cinque Terre.

gelato @ Vernazza

Daerah Liguria, termasuk Cinque Terre terkenal akan saus pesto nya. Saus berwarna kehijauan disini menggunakan bahan-bahan lokal dari daerah ini. Genovese pesto bisa dicampurkan ke lasagna, atau yang lebih populer disini adalah dalam pasta, trofie al pesto, ada juga pizza pesto seperti yang kami temukan di Riomaggiore

pesto Pizza at  Riomaggiore, Cinque Terre, Italy

Disebelah hotel tempat menginap ada restoran Il Pirrata Caffe. Resto ini milik 2 saudara kembar asal Sicilia..mereka sangat ramah dan suka ngobrol dengan pengunjung restaurat, membuat resto ini terasa homey. Mereka lebih mengenal Bali dibanding Indonesia, dan minta diajari beberapa Indonesian greeting dari mulai selamat pagi, selamat malam, terimakasih, apa kabar dan sampai jumpa.

IMG_1813

 

 

Menu sarapan pagi ala Sicilia di  Il Pirata Cafecappucino dan beragam pilihan home made pastry, fresh from the oven..  Orang Italy minum cappucino atau latte hanya di pagi hari, setelah jam 11 ke atas kopi mereka umumnya black espresso.

 IMG_1831

 

 

Makan malam di Il Pirata Cafe.. Ini adalah terong dengan saus tomat dan keju yang enaak.

IMG_2118

Pesto Lasagna…saus kejunya sangat enak, lembut. Tapi saya lebih suka terong yang diatas..

IMG_2119

 

……next posting: ITALY TRIP (3) – FLORENCE  Centro Storico + Olrarno

 

 

2 thoughts on “ITALY TRIP (2) – Off the beaten path: CINQUE TERRE 

  1. manda says:

    Wah bagus bgt fotonga, infonya jg lumayan lengkap. Mau nanya nih, di Vernazza nginep di hotel mana y? Reccomended gak hotelnnya? makasii.

    Like

    • sugar 'n spice says:

      terimakasih manda… kita di La perla delle 5 terre, rekomended…bagus dan bersih, ada free wifi, kettle buat air panas, teh, kopi, plus basic toiletries. lokasinya jg enak kalau bawa koper beroda… kmrn ketemu sesama traveler repot bgt angkat luggage segede gaban naik2 tangga ke penginapannya, jd bersyukur dpt penginapan yg pas depan jalan dan ada lift nya pula

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s