ITALY TRIP (3): FLORENCE – sekitar Centro Storico (Historic Center)

Florence atau Firenze  adalah Medici, Michaelangelo, Galileo Galilei, Dante, Machiavelli, Leonardo da Vinci, Amerigo Vespucci.….juga Salvatore Feragammo, Roberto Cavalli, Guccio GucciClet Abraham…dan David. 

david2

david

Banyak sekali museum di ibukota daerah Tuscany ini, seluruh bagian historic center di kota Florence masuk dalam World Heritage Sites-Unesco. 

Kota Florence dibelah sungai Arno yang membagi kota menjadi 2 bagian. Bagian centro storico / historic center adalah pusat pemerintahan, pusat bisnis, dan tempat tinggal kaum elite.  Daerah Oltrarno (the other side of Arno) adalah daerah yang lebih rustic, tempat kaum pekerja kelas bawah Florence tinggal.

HISTORIC CENTER / CENTRO STORICO FLORENCE

Ini adalah kedua kalinya kami ke Florence. Februari 2011, cuaca dingin dan sepi, tidak banyak turis.  Suasana Florence di bulan Mei 2014 menjelang summer ini sangat berbeda. Kali ini kota Florence dipenuhi dengan turis.  Suhu siang hari saat itu sekitar 27, malam hari sekitar 20 derajat.

Kami naik kereta api dari stasiun Termini Roma sampai stasiun Santa Maria Novela Florence kurang lebih 1,5 jam dengan kereta cepat FrecciaRossa. Lokasi hotel kami ada di Piazza della Republicca, di tengah Centro Storico, 15 menit jalan kaki dari stasiun ke hotel.

PIAZZA della REPUBBLICA

Sedang ada festival di piazza ini. Bandierai deggli Uffizi adalah perkumpulan lokal di Florence yang berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Group ‘flag weaver’ ini bertujuan melestarikan budaya tradisi asli Republik Florence / Florentine Republic yang terbentuk pada abad 16. Kostum yang mereka pakai adalah seragam pasukan pada jaman itu, dengan membawa bendera bergambar bunga lili atau fleur-de-lis yang merupakan lambang / coat of arm  dari kota Florence sejak abad ke-11

IMG_0538

IMG_0536

IMG_0537

Suasana  Piazza della Repubblica di malam hari…ada carousel. 

IMG_0545

IMG_0546

Dari Piazzale della Repubblica jalan kaki ke Mercato Nuovo yang ditandai dengan Fontana del Porcellino (Piglet Fountain).  Patung ini selalu ramai oleh turis, konon ada legenda kalau mengusap hidung si piglet akan kembali lagi ke kota Florence. Foto ini diambil di pagi hari sekitar jam 8…masih sepi.

IMG_0547

Dipojok Mercato Nuovo ada gerobak makanan yang menjual streetfood  makanan kelas bawah di Florence… Panino con Lampredotto.

L1004344

L1004350

Rasanya lumayan enak bagi yang biasa makan jeroan sapi. Rotinya tebal, renyah, asin dengan aroma olive oil. Lampredottonya direbus dan dibumbui sesuatu. Porsinya cukup besar juga. Kalau ada acar pasti lebih enak.

panini

Ini adalah sandwich isi jeroan sapi, mungkin semacam babat. Saya tidak bisa menemukan bahasa Indonesia-nya lampredotto, bahasa Inggrisnya adalah abomasum.

PONTE VECCHIO

Ada 5 jembatan sepanjang sungai Arno di Florence. Ponte Vecchio / Old Bridge adalah jembatan tertua dan satu-satunya yang selamat dari bom tentara Jerman pada PD2. Tidak hanya jembatan, Ponte Vecchio juga terkenal dengan toko-toko perhiasan emas dikanan kiri jembatan tua ini.

IMG_1908

Ponte Vecchio di pagi hari…toko-toko perhiasan di kanan kirinya masih tutup.

 

Di atas adalah suasana malam hari di Ponte Vecchio, ada streetperformance.. banyak orang duduk-duduk menikmati suasana malam disini.

Menemukan popbar-gelato di jalan pulang ke hotel.

dolci...dessert

sebelah kiri adalah popbar pistachio, gelato pistachio dengan pistachio sprinkle… yang di kanan adalah popbar coklat mint, gelato rasa mint dengan topping coklat leleh..

Sundial / jam matahari di depan Galileo Museum, di depan Arno River dekat dengan Uffizi Gallery.

IMG_0539

Patung Galileo Galilei di courtyard Uffizi Museum.

L1070760

 

PIAZZA della SIGNORIA

Dari sekian banyak piazza di Florence, Piazza della Signoria dikenali dengan patung replika David dan patung Cosimo Medici berkuda.

IMG_0571

Hari ini sedang ada Firenze 10K.. lomba lari ini berpusat di Piazza della Signoria

L9993472_2

L9993449_2

 

 

 

 

 

 

L9993465

PALAZZO VECCHIO

Palazzo Vecchio (Old Palace) ini dulunya adalah balaikota sekaligus kediaman keluarga Medici, penguasa Florence di abad 13-15. Lokasi Old Palace ini di Piazza della Signoria, pintu masuknya diapit replika patung David dan Neptune. Hari ini kami masuk dan akan naik sampai keatas menara di Palazzo Vecchio untuk melihat kota Florence dari ketinggian.

L1070766

Ini adalah courtyard pertama masuk di Palazzo Vecchio.

IMG_0521

Ini adalah Hall of 500 (Salone de Cinquicento) yang dirancang untuk pertemuan city council.

salone cinquicento

Dibawah adalah Medici Hall of Map, dengan peta-peta dunia di dindingnya dan bola dunia besar (mappa mundi) di tengah ruangan.

IMG_0518

Peta dunia di abad pertengahan ini banyak persamaannya dengan peta dunia saat ini. Indonesia juga ada di peta dunia jaman medieval itu. Dibawah ini posisi Indonesia di medieval globe (mappa mundi).

 

L1070812

 

Dan ini peta Indonesia juga ada kumpulan peta dunia yang ada di dinding ruang ini.L1070809

Hall of Lilies (Sala dei Gigli) di Palazzo Vecchio. Bunga Lily adalah lambang kota Florence.

halloflilies

Banyak ruangan-rungan lain di Palazzo Vecchio, yang tanpa guide seperti kita ini perlu waktu agak lama untuk membaca satu persatu keterangan di tiap ruangan.

Untuk naik ke Tower ada antriannya, karena akses tangganya sempit, dibatasi per group pengunjung.

L1070853

Dari pintu coklat kecil di lantai itu dapat terlitat aktivitas orang-orang di bawahnya. Lubang itu sewaktu perang bisa digunakan menuang minyak panas atau memanah musuh di bawah.

L1070858

Ini bagian teratas yang bisa di naiki. Tangga ke atas itu ditutup untuk pengunjung.

 

palazzovecchio

Dari atas Tower terlihat Duomo, Basilika berikut Tower nya..

L1070824

duomo

Basilika Santa Croche terlihat dari atas.

L1070822

Tidak jauh dari sini ada kantin  Cantinetta de Verrazzano, yang menjual pizza yang lucu-lucu.. tidak biasa ada di Jakarta. Di kantin itu ada tempat duduk dengan tambahan biaya servis, atau makan pizza dan minum sambil berdiri di depan meja bar

 

Ini adalah pizza dengan topping bunga zuccini + mozarella.

pizzafiori

Ini pizza dengan topping tomat ceri kecil dan mozarellapizzapomodoro

BASSILICA SANTA CROCHE

Lokasinya ada di Piazza Santa Croche, sangat dekat dengan Piazza Signoria. Ada patung Dante di depan Basilika. Kami ke Basilika ini pada hari minggu, jam buka nya siang sekitar jam 1 karena minggu pagi dipakai untuk kebaktian.

santacroche

Di dalam Basilika ini ada makam Michaelangelo, Dante, Galileo Galilei, Machiavelli...dan para tokoh2 Florence.

tombs

tomb1

Makam Galileo Galilei dan Michaelangelo di dalam Basilika.

tomb2 tomb

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cloister di belakang Basilika Santa Croche.IMG_0523

IMG_0522

 

BRUNOLECHI DUOMO + GIOTTO BELTOWER

Duomo di Florence dengan kubah oranyenya merupakan icon kota Florence. Kami tidak masuk dalam Duomo, sedang ada renovasi beberapa bagian Duomo tertutup cover.

Foto Duomo dan Belltower diambil dari Palazzo Vecchio.L1070829

 

Ini adalah guide kami selama di Florence…

lonelyplanet

 

 …..next posting:  Italy Trip: Florence bagian 2 – Outskirt Florence (Oltrarno, The Mall) 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s