ITALY TRIP (5) – VENEZIA..

Ada 50 sites di Italy yang masuk dalam World Heritage Sites Unesco, Venice salah satunya. Venice ini konon terdiri dari 117 pulau dengan 150 kanal dan terhubung dengan 400 jembatan. Dilihat dari atas, bentuk pulau-pulau Venice meyerupai ikan.  Lanscape disini tidak memungkinkan adanya jalan untuk mobil dan motor. Kanal-kanal adalah jalan raya di Venice, dengan gang-gang sempit dan piazza -piazza sebagai community center. Sangat unik, jauh berbeda dengan kota-kota lain di Italy dan di Eropa.

Venice selalu menarik untuk dikunjungi. Paling menikmati saat pagi-pagi  dan sore sewaktu turis-turis sudah banyak yang meninggalkan Venice. Saat-saat sepi ini paling asik berjalan kaki menyeberangi kanal-kanalnya, bertemu penduduk lokal yang duduk-duduk menikmati sunset, melihat anak2 kecil bermain bola…jauh dari keramaian turis di siang hari. Daerah turistik di Venice umumnya adalah sekitar Rialto dan San Marco, yang merupakan daerah historic center.

Ada 2 stasiun kereta api di Venice, stasiun Venezia Mestre (di luar island) dan stasiun Venezia Santa Lucia (di pulau), stasiun Santa Lucia adalah pemberhentian terakhir. Ada 2 kereta api dari Florence ke Venice, Trenitalia dan Italo. Kali ini kami coba pakai Italo, beli tiket ke Venice melalui website Italo. Perjalanan dari Firenze SMN sampai stasiun Venezia Santa Lucia kurang lebih 2 jam.

IMG_1939

 

HARI ke- 1 di VENEZIA

Keluar dari stasiun kita akan berada di daerah Ferrovia, langsung beli tiket vaporetto (water bus)  menuju hotel di daerah San Marco.

Tiket vaporetto bisa dibeli untuk sekali jalan(60menit), 2jam, 6jam, 12jam dan 24jam dihitung dari pertama kali mem-validasi tiketnya.Kami beli tiket vaporetto (water bus) route no.1 untuk sekali jalan ke daerah San Marco melalui Grand Canal.

Note: tiket harus di validasi sebelum di gunakan. Validasi dilakukan dengan cara mencetak tanggal tiket digunakan di alat validasi yang ada di stasiun atau di dekat vaporetto stops. Denda nya cukup besar bila tidak di validasi. 

Tidak lama menunggu, vaporetto datang dan kami menyusuri Grand Canal menuju hotel. Vaporetto hari ini penuh penumpang. Kami memilih berdiri di luar menghadap depan supaya bisa menikmati perjalanan menyusuri Grand Canal.

IMG_1958Di bulan Mei ini Grand Canal lumayan ramai. Di beberapa tempat, vaporetto berhenti menurunkan dan menaikkan penumpang.. sampai di  Rialto stops penumpangnya lumayan banyak yang turun, kapal jadi agak lega. Kurang lebih 45 menit perjalanan menyusuri Grand Canal, sampai di San Marco stop.

Hotel  Violino d’Oro tidak jauh dari tempat vaporetto stop. Sewaktu check in, ternyata kamar kami di upgrade..dengan balcon dan kamar yang cukup besar untuk ukuran Venice.. senangnyaa. Setelah bersih2 badan dan istirahat sebentar dikamar, sore-sore memutuskan berjalan kaki menuju Dorsoduro melihat bengkel gondola (Squero) di San Trovaso.  Gambar dibawah diambil dari atas balcon.

Dari hotel kami jalan kaki ke arah Ponte Accademia, menyeberangi jembatan ke arah Dorsoduro.. ada banyak lovers lock di jembatan ini.

Setelah menyeberangi Ponte Accademia masuk daerah Dorsoduro.

DORSODURO, SAN POLO

Di San Trovaso ada Squero, bengkel Gondola. Dan ini katanya satu-satunya bengkel gondola yang masih tersisa di daerah pusat Island Venice..

IMG_1964

squero

Dari San Trovaso jalan kaki sedikit ke arah Canale de la Giudecca. Vaporetto no.2 dari stasiun akan melewati kanal ini dari stasiun kereta api atau terminal bis ke arah San Zaccaria, stops terakhir vaporetto no.2 dan no.1.Dorsoduro

Berbekal peta dari hotel, kami menyusuri Canale de la Giudecca di Dorsoduro. Melewati Piazza San Margherita. Di sore hari ini cuaca agak mendung, gerimis turun sesekali.

Di San Polo menemukan bakery Tonollo, rekomen di Tripadvisor, kami beli beberapa pastry dan kue untuk cemilan. Harga kebanyakan hanya 1 euro,  sangat murah untuk ukuran Venice.

L1090056

PIAZZA SAN MARCO

Kembali ke hotel melalui Piazza San Marco. Piazza ini adalah pusat kota Venice. Basilika St Mark dan Belltowernya adalah tempat foto favorit para turis. Palazzo Ducale (Doge’s Palace), tempat tinggal Doge (penguasa Venice) dan pusat pemerintahan kota Venice juga ada di sekitaran piazza ini. Piazza San Marco kali ini kering, biasanya sering sekali kebanjiran karena luapan air laut.

piazzasanmarco

Suasana di malam hari

L9993725

 

san marco

Florian caffee ada di Piazza San Marco, ini katanya adalah cafe tertua di Venice, sudah ada circa 1700-an. Ada live musik klasik di teras depan. Di cafe ini, dan cafe lain sejenis di Piazza San Marco untuk duduk-duduk mendengarkan musik (sitting in) ada tambahan charge 6 euro/orangnya… hmm

L1090013

Penyajiannya cantik.. ini kami pesan ice cappucino dan ice coklat.

IMG_3438   selfie time…

florian

HARI ke 2 di VENEZIA

RIALTO : Ponte Rialto dan Mercato del Pesce (fish market)

Pagi hari setelah sarapan di hotel jalan kaki ke arah Ponte Rialto. Disana setiap pagi ada pasar segar dan pasar ikan yang cukup ramai.

L1080820

Mercato del Pesce (fish market) 

Berlokasi di dekat jembatan Rialto. Pernah dipakai shooting film The Tourist (Angelina Jolie, Johnny Depp), dimana masbro Johnny lari-lari dikejar penjahat di lantai atas pasar ini.. (??)

YRS_2717_1516

Didalam pasar ikan..

Disini ikan-ikan yang dijual diberi label asal tangkapan dari daerah mana… ada yang asalnya dari Adriatic Sea, Mediteranean Sea, dan dari North East Sea… ada juga bekicot yang asli Italy (prodotto Italiano)..

fishmarket

Pasar buah dan sayuran segar di sebelah pasar ikan.

rialto-markei

rialto market

rialto-market

Dari sini kami jalan ke arah Palazzo Ducale di San Marco yang buka jam 8.30 pagi.

PALAZZO DUCALE

Doge di Venice asal kata dari dux, pemimpin militer. Sepertinya semacam pemimpin / penguasa yang memutuskan hukum dikota Venice. Jabatan Doge ini tidak diwariskan dan akan dijabat seumur hidupnya. Para kaum bangsawan Venice yang tergabung dalam Great Council yang memilih siapa yang menjadi Doge.

L1080894

Kediaman Doge ini juga sekaligus kantor dan balaikota Venice. Disinilah keadilan dijalankan. Ada penjara juga di kompleks istana ini.

Dibawah ini adalah Bocca de Leone  (mouth of truth), dimana warga dapat menuliskan keluhannya dan memasukkan dalam mulut…semacam kotak pos. Tetapi ternyata banyak cerita bahwa surat2 yang masuk ke mulut singa itu berisi tuduhan2 palsu dan jadi sarana balas dendam.

Dari tuduhan-tuduhan tersebut, terdakwa akan diinterogasi dan jika bersalah masuk penjara di sebelah Palazzo ini.

Bridge of Sighs (Ponte dei Sospiri), ini adalah jembatan yang menghubungkan ruang interogasi dengan penjara. Bila terdakwa bersalah, dia akan melalui jembatan ini dan melihat keindahan Venice sebelum menghabiskan hari-hari nya di penjara yang gelap.

L9993704

Gambar di bawah ini diambil dari celah kisi-kisi tembok dalam Bridge of Sighs.

Lorong-lorong penjara di Doge Palace.

L1080930

L1080912

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Scala dei Giganti, The Grand Staircase di courtyard Doge Palace.

dode-sacala dei giganti

Scala d’Oro – The Golden Staircase di Dode Palace.

acala d'oro-grand staircase

Makan siang di restoran kecil di daerah Rialto.pizza frutta di mare  (seafood pizza) ..

IMG_1970

spaghetti al nero di seppia (black squid spaghetti)..ini adalah makanan khas yang harus dicoba di  Venezia.

IMG_1974

 ciocolato caldo... coklat panas yang kental-nya seperti puding.. yang ini juga harus di coba.

IMG_1988

Hujan di siang hari menyisakan genangan air di Piazza San Marco.

L1090063

L1004617

Jalan kaki ke hotel melewati kanal- kanal kecil… kebetulan melihat ke dalam toko pengrajin Murano Glass, ada seorang bapak yang sedang bekerja di workshop sekaligus toko kecilnya. Disini melihat cara bapak tersebut bekerja membuat bermacam figurine. Batangan-batangan gelas berbagai warna di cairkan dengan api, sekaligus dibentuk menjadi berbagai macam hiasan unik. Dengan bahasa Inggris terbatas Bapak tersebut ternyata berasal dari Murano dan sudah bertahun-tahun menekuni seni gelas Murano.

muranoglas

 

HARI ke 3 di VENEZIA

Hari terakhir di Venezia. Pagi hari setelah sarapan dan packing… jalan-jalan sekitar hotel menunggu waktu sebelum jam 12 jadwal taksi air Alilaguna ke bandara Marco Polo.

Dekat Ponte Rialto, banyak yang menjual Venetian Mask..

Kanal kecil dekat hotel..

 

Perjalanan menuju bandara Marco Polo Venezia… baru kali ini ke bandara lewat jalan laut.. mungkin nanti di Indonesia bisa jadi alternatif transportasi juga.

bandara

Selesai lah perjalanan ke Italy… kami masuk dari bandara Leonardo da Vinci, Roma dan keluar Italy lewat bandara Marco Polo, Venezia.  Arrivederci Italia…

 

2 thoughts on “ITALY TRIP (5) – VENEZIA..

    • sugar 'n spice says:

      hai naura.. salaam kenal,
      saya ambar, terimakasih sudah mampir ke blog ini, senang sekali dengarnya.. semoga tulisan2 di blog ini bermanfaat bagi yang membacanya..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s