SALZBURG (1):  Old City + Hohensalzburg Fortress

Salzburg, kota yang berjarak 2 jam kereta api dari Vienna adalah tempat si anak jenius Wolfgang Amadeus Mozart dilahirkan.
Saya sangat suka dengan kota ini. Kotanya tidak terlalu besar, cukup kecil untuk dijelajahi dengan jalan kaki. Bagi penggemar film jadul The Sound of Music pasti akan mengenali beberapa tempat yang dipakai sebagai scene film ini. 

Suasana kota Salzburg beda sekali dengan Vienna.  Di Salzburg terasa lebih tradisional, Austria nya lebih terasa dibanding Viena yang lebih metropolis.  Disini cukup sering menjumpai penduduk lokal yang jalan-jalan memakai pakaian tradisional Austria, Dirdl.

Kota Salzburg terbagi 2 oleh sungai Salzach. Kalau dilihat dari peta, daerah Old City / Alstadt berada di bagian bawah / kiri sungai Salzach. Seluruh daerah Old city Salzburg masuk dalam kawasan World Heritage Site Unesco.  

Snapshoot di OLD CITY  

  

 

 

OLD BAKERY

L1120016 L1120012 L9994304

 

OLD CEMETERY

Daerah sebelah atas / kanan sungai Salzach adalah tempat stasiun kereta api dan terminal bis berada dan merupakan daerah kota yang lebih modern.  

Hotel-hotel dan penginapan kebanyakan berada di bagian new city, atau kalau ingin merasakan kehidupan di farm, banyak juga guest house agak di luar kota Salzburg. Kami beruntung dapat penginapan di Old City, dengan akses pintu keluar masuk pas di tengah2 gang kecil di Old City yang sangat unik. 

Dari Vienna naik kereta jam 10.30  tiba di Salzburg jam 12.30. Setelah check in jalan ke Tourist Information untuk mencari city map dan membeli Salzburg Card yang berlaku untuk 24 jam, cukup waktu sampai besok sore untuk menjelajahi kota Salzburg.

Salzburg Card mencakup gratis tiket masuk banyak sekali musium dan kastil di Salzburg, termasuk gratis juga untuk transportasi di area Salzburg, baik bis kota, funicular ke Salzburg Fortress dan kereta gantung (cable car) menuju Untersberg Mountain yang lumayan mahal. Satu lagi yang menarik adalah River Cruise juga gratis dengan Salzburg Card. Setelah dihitung-hitung kami bisa menghemat lumayan banyak dengan Salzburg Card.

RIVER CRUISE di Salzach River

  

 

HOHENSALZBURG FORTRESS

Kastil benteng di Salzburg ini berlokasi diatas bukit Festungberg, sehingga dikenal juga dengan nama Festung Hohensalzburg. 

Benteng kastil ini tampak menjulang dilihat dari kota Salzburg yang berada tepat di bawahnya. 

Menuju Hohensalzburg Fortress bisa dengan jalan kaki kurang lebih 700 meter mendaki naik ke atas, atau dengan kereta funicular hanya 5 menit dari kaki bukit sampai ke Fortress.

Funicular menuju fortress ini sudah ada sejak tahun 1892.. 

Dibangun pada tahun 1077, Kastil benteng ini sangat besar dan sangat baik keadaannya. Ruangan-ruangannya cukup baik terpelihara. Merupakan salah satu kastil terbesar dan terbaik kondisinya di seantero Europe. 

Didalam benteng ada Marionette Museum, museum boneka yang digerakkan pakai benang.

Courtyard  dalam benteng

L1110623

L1110642

MOZART BIRTHHOUSE

Rumah tempat Mozart lahir ini sekarang menjadi museum dengan memoribilia beberapa barang-barang peninggalan Mozart.

L1110742

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s