Spain Trip : Barcelona

Mendarat pagi hari di bandara El Prat, Barcelona sekitar jam 7 pagi diakhir bulan November .. cuaca pagi ini 6 derajat celcius… brrr.. lumayan dingin.  Barcelona akan mengawali perjalanan kami menjelajahi Spanyol 10 hari.

Spanyol terdiri dari beberapa daerah otonomi, salah satu yang terbesar adalah Catalonia yang berbatasan dengan daerah Perancis Selatan. Ibukota Catalonia adalah Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol setelah ibukota Madrid. Bangsa Catalonia memiliki bahasa sendiri walaupun bahasa umum Spanish tetap digunakan sehari-harinya.

Bahasa Spanyol ternyata adalah bahasa paling banyak ke 2 yang digunakan di seluruh dunia… setelah jalan-jalan 10 hari di Spanyol saya baru sadar mungkin ini sebabnya banyak orang lokal yang tidak berbahasa Inggris disini. Padahal penguasaan bahasa spanyol saya minim sekali.. hanya berdasar sering lihat film kartun Dora the Explorer saja, jadi sering juga terjadi kendala miskomunikasi dengan local people selama disana.

Kota Barcelona berada di tepi laut Mediteranean, disini bullfight resmi dilarang sejak tahun 2010 diseluruh bagian Catalonia.  Kami rencana akan menginap 2 malam saja di Barcelona sebelum lanjut menjelajahi Andalusia.

Dari bandara El Prat naik taksi ke hotel di daerah Eixample. Sampai hotel masih kepagian, sekitar jam 9-an dan kamar belum siap check in. Kami titip luggage dan bersih2 sekedarnya di toilet hotel lalu jalan kaki sekitar hotel.

Hotel kebetulan dapat yang berdekat dengan Katedral Sagrada Familia, tetapi lumayan jauh dari pusat keramaian yang ada di sekitar La Rambla, Plaza Catalunya dan Passeig de Gracia. Pagi ini setelah dari hotel titip luggage, kami akan melihat-lihat Sagrada Familia, kembali ke hotel untuk check in lalu jalan ke Passeig de Gracia.

Hari 1 : SAGRADA FAMILIA

Katedral karya arsitek Antoni Gaudi ini belum selesai sejak dibangun pada tahun 1882 sampai saat ini, lebih dari 100 tahun masih terus berlanjut. Diperkirakan baru pada tahun 2026/28 akan selesai pembangunan Katedral Sagrada Familia ini.


Pagi ini sudah lumayan banyak pengunjung yang antri beli tiket masuk. Kami membayar tiket masuk Katedral 15 euro plus tambahan biaya naik lift ke salah satu tower nya, kalau tidak salah 4 euro jadi kami dapat 2 tiket. Harus diperhatikan pada masing-masing tiket akan tertulis jam berapa untuk masuk Katedral dan Lift.. kami dapat jam 10 masuk Katedral dan jam 11 untuk naik lift ke tower. Pembatasan  jam ini untuk menghindari supaya di dalam tidak terlalu penuh sesak pengunjung.

Seperti juga bangunan lain hasil rancangan arsitek Antony Gaudi, tampilan Sagrada Familia beda dengan katedral-katedral lain. Sagrada Familia adalag masterpiece dari Antoni Gaudi. Sagrada Familia sangat mewakili gaya Gaudi yang sangat kental dengan pengaruh nature dan religius. Penuh dengan detail -detail unik dengan bentuk bangunan dan menara bergaya Art Nouveau dengan detail dari keramik, kaca patri, besi tempa.

Ada 2 fasad Sagrada Familia. Nativity dan Passion. Tiket dibeli di dekat Passion facade dengan 4 pilar miring seperti pada gambar diatas, masuk Katedral melalui Nativity facade, seperti gambar dibawah.

Pintu masuk utama Nativity dominan warna hijau dengan detail daun daunan dan beberapa serangga diantaranya.. ada kadal, ladybug, semut.

Masuk dalam katedral berkesan seperti berada didalam hutan. Pilar pilar tinggi bersilang silang bagaikan batang pohon dengan cabang cabangnya dan hiasan ornamen di langit langit yang menyerupai canopy daun daun … sampai dengan pencahayaan dari kaca patri warna warni yang membiaskan sinar matahari masuk. Terasa berbeda suasana di dalam katedral ini dengan katedral-katedral lain.

IMG_2749

Sagrada Familia masih dalam proses pembangunan, beberapa bagian tampak ditutup dan suara suara berisik dari bor khas tukang samar samar terdengar. Gaya Art Nouveau pada Sagrada Familia menjadikan Katedral ini termasuk modern, kurang ada kesan antik dan kuno nya seperti yang biasa ada di katedral lain.

Duduk didalam katedral menunggu giliran naik lift, berada di antara pilar pilar yang menjulang ini saya jadi teringat adegan para Elf di film Lord of the Ring.. jadi kebayang seru juga jika tiba2 Legolas muncul dari balik salahsatu pilar..
 

Dari 18 tower Sagrada Familia, baru 8 tower yang selesai. 4 tower di Nativity yang menghadap bagian timur Barcelona, 4 tower di Passion menghadap city center. Nativity Tower sedang ada maintenance jadi kami hanya bisa naik ke Passion Tower.

thumb_L1010324_1024

Sampai keluar dari lift diatas masih harus naik beberapa anak tangga kecil dan sempit.

Pemandangan kota Barcelona dari Passion tower seperti dibawah ini..

 Turun dari menara bisa dengan lift turun atau bisa juga menyusuri sekitar 400 anak tangga sampai bawah.

thumb_L1010326_1024Kurang lebih 2,5 jam kami berada dalam Sagrada Familia. Katedral Katolik masterpiece Antoni Gaudi  yang menjadi icon kota Barcelona dan masuk dalam list Unessco World Heritage Sites. 

PASSEIG DE GRACIA

Sore hari jalan kaki dari hotel menuju Plaza Catalunya melewati boulevard Passeig de Gracia yang mirip Champs Elysees di Paris dengan jejeran butik-butik branded nya.

Bangunan – bangunan di sepanjang Passeig de Gracia banyak yang unik bergaya modernista. Ada 2 bangunan rancangan Gaudi juga disini, Casa Batlo dan Casa Mila. Sampai di Casa Batlo pas dengan  blue hour time, langit masih biru belum terlalu gelap sehingga dapat foto cantik Casa Batlo.

thumb_L1010334_1024Casa Batlo ini juga ikut masuk dalam list Unessco World Heritage sites. Tiket masuk Casa Batlo 21,5 euro per orang, waktu itu sudah mau tutup. Ini salah satu kekurangan bila traveling di saat autum dan winter,  walaupun lebih sepi dari turis turis lai, tetapi lebih pendek jam operasional nya.

Casa Batlo di malam itu..thumb_L1010341_1024

Dari Passeig de Gracia kembali jalan kaki 20 menit menuju hotel. Saat itu, sekitar jam 8 malam masih terlihat beberapa orang lalu lalang di jalanan.
Sampai di hotel istirahat untuk persiapan jalan lagi di pagi hari menjelajahi Old City. 

Hari 2: OLD CITY BARCELONA

Rencana pagi ini kami akan menjelajahi daerah sekitar Old City, ke daerah turis di La Rambla yang terkenal dengan street performer nya, mampir cari sarapan di La Boqueria Market. Lalu jalan kaki ke Barri Gothic menyusuri gang-gang sempit di daerah itu sampai ke ujung Marina dan bila waktu memungkinkan, kami akan ke Camp NouBarcelona Football Stadium.

LA RAMBLA

Dari hotel di area Eixample menuju La Rambla naik Metro.. tiket metro dapat dibeli di stasiun Metro manapun. Untuk satu kali trip zona 1 sekitar 2.15 euro, ada juga pilihan 10 trip yang lebih murah, 9.95 euro dan bisa dipakai untuk beberapa orang. 1 trip itu meliputi satu kali perjalanan tanpa keluar stasiun. Kita beli yang 10 trip untuk dipakai gantian berdua.

thumb_L1010344_1024

Dari stasiun terdekat di La Sagrada Familia ganti line kereta sekali di stasiun Passeig untuk menuju La Rambla.thumb_L1010414_1024

Ada 3 stasiun metro di sepanjang La Rambla, stasiun paling ujung adalah Plaza de Catalunya, stasiun Liceu ada ditengah La Rambla dan stasiun Drassanes yang paling ujung dekat marina. Kami akan keluar di Liceu. 

Keluar di stasiun Liceu pas berada di tengah-tengah La Rambla dan Mercat La Boqueria berada tidak jauh di sebelah kiri jalan.

thumb_L1010409_1024

Sepanjang jalanan di La Rambla kanan kiri nya pohon. Jalanan lebar di tengah badan jalan La Rambla hanya khusus untuk orang. Jalan kecil di kanan kiri untuk kendaraan. La Rambla selalu penuh dan ramai, apalagi bila sore dan malam hari  disini adalah tempat artis-artis jalanan mangkal dengan kostum yang bermacam macam. thumb_L1010413_1024

Melewati mosaic karya Joan Miro, seniman Catalunya yang ada di tengah jalan di La Rambla. thumb_L1010418_1024

MERCADO SAN JOSEPH / LA BOQUERIA

Pasar di tengah tengah La Rambla ini cukup panjang sejarahnya, dimulai dari kios-kios daging  di pinggiran jalan La Rambla sampai dibangun menjadi pasar pada sekitar tahun 1840. Bernama asli Mercat Sant Josef de La Boqueria, pasar terbesar dan terpopuler di Barcelona yang sampai saat ini masih aktif mensupply kebutuhan dapur warga lokal dan restaurant-restaurant di Barcelona. Sayuran segar, buah-buahan, ikan segar, jamon (ham), ikan asin, ayam segar dan terutama yang mencolok mata karena warna warni nya kios 1 euro jus aneka buah yang banyak dijual disini.

Dekat pintu masuk ada penjual coklat dan permen dengan bentuk bentuk lucu beraneka ragam..

thumb_L1010401_1024

Salah satu kios penjual jus buah dan buah potong yang banyak ditemui di pasar ini.

Di pasar ini juga banyak kios-kioa tapas dan cafe. Salah satu cafe lumayan terkenal disini adalah Pinotxo bar, La Boqueria. Promosi video Rick Steves membuat kami penasaran datang ke Pinotxo Bar. Sarapan pagi ini adalah  coffee con leche, kopi susu dan xuxo, semacam pastry isi cream vla yang enak sekali.

 

BARRI GOTHIC

Tidak jauh dari La Rambla bersisian letaknya, adalah area Barri Gothic, pusat dari Old City. Bangunan disini bergaya medieval dengan gang-gang kecil yang cukup membingungkan bila tidak bawa peta. Beberapa plaza dapat menjadi panduan supaya tidak kesasar. Nama jalan biasanya tertera dinding pada ujung jalan

 

BARCELONA PORT

Keluar dari area Barri Gothic sampai di daerah Marina. Patung Columbus yang menunjuk arah laut (Mirador de Colom) jadi pedoman menuju Pelabuhan. thumb_L1010433_1024

 

BARCA CAMP NOU 

Rumah kediaman klub elite Barcelona / Barca ini ada sedikit di pinggiran kota Barcelona. Naik taksi dari hotel sekitar 15 menit sampai pintu masuk Camp Nou. Bisa juga naik metro, lebih murah pastinya,  tetapi stasiun metro nya sedikit jauh dari pintu gerbang Camp Nou.thumb_L1010468_1024

Camp Nou adalah kompleks stadium bola dan museum FC Barcelona. Tiket masuk lumayan mahal..tetapi buat para fans Barca pasti bela-belain datang kesini. Lumayan lengkap juga museumnya.. Selain koleksi piala yang dimenangkan juga ada bola yang dipakai pada Piala Champion dan Piala Champion yang dimenangkan juga dipamerkan disini.. Sepatu Emas pemain terbaik.. bahkan sepatu yang dipakai Iniesta sewaktu memenangkan pertandingan juga dipajang di museum ini.

Ada sesi foto, dengan tambahan 20 euro bisa bawa pulang album foto kita di stadium ini. Bila tidak mau bayar tambahan 20 euro sebaiknya bilang di awal sebelum di foto… kalau saran saya, lebih bagus hasil foto-foto sendiri dengan kamera pribadi..

Dari Camp Nou kami kembali ke La Rambla melihat suasana malam hari di La Rambla sambil cari makan malam.

Paella seafood di La Boqueria.

Selesai sudah 2 malam di Barcelona.. kembali ke hotel untuk istirahat dan packing untuk besok pagi perjalanan panjang naik kereta api menuju Cordoba..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s