SPAIN TRIP: GRANADA + ALHAMBRA

Dari Cordoba menuju Granada pilihan public transportasi nya adalah naik bus, atau naik kereta api. Naik kereta api jelas lebih nyaman, space tempat duduk lebih luas tetapi harga tiketnya lebih mahal, dan waktu tempuhnya ternyata lebih lama dari bis. Route kereta api ke Granada sedikit memutar melewati Malaga dulu, sekitar 3 jam menuju Granada.

Kalau naik bis pastinya lebih murah, sedikit kurang nyaman dibanding kereta api, tapi waktu tempuhnya lebih singkat, hanya 2 jam karena route nya direct langsung ke Granada….. kami akhirnya memutuskan naik bis saja yang lebih cepat sampai Granada.

Dari browsing dan tanya-tanya direkomendasikan naik bis ALSA yang berangkat jam 11 dari terminal bis Cordoba, jadi sekitar jam 1 tiba di Granada.

Tiket bis dibeli di terminal bis Cordoba seharga 14,84 euro. Mudah dan tidak ribet beli tiket, penjual tiketnya cukup bagus bahasa Inggrisnya.


Perjalanan naik bus dari Cordoba menuju Granada melewati kebun kebun zaitun (olive) di kanan kiri jalan. Andalusia adalah salah satu daerah produsen olive oil terbesar di dunia. Selama 2 jam perjalanan, pemandangannya kebun zaitun… indah tetapi lama lama bosan juga 😄

img_2837img_2859

Tiba di Granada jam 1 siang. Langit biru, matahari bersinar terang dan udara cerah saat kami tiba di terminal bis Granada. Dari terminal bis naik taksi kurang lebih 15 menit, menuju hotel kami di daerah Albaycin.

Tujuan utama traveling ke Granada adalah melihat Alhambra, The Red Castle.. Alhambra adalah benteng dan istana yang dibangun oleh Dinasti Nasrid. Pada saat kekuasaan Islam di Cordoba jatuh, sekitar tahun 1200 an, Dinasti Nasrid membangun Alhambra di Granada.

Setelah check in hotel kami jalan kaki mencari tempat makan sekaligus menukar print out booking an tiket Alhambra dengan tiket aslinya.

Daerah Albaycyn ini berada di bukit, jalanannya sempit dan naik turun..

thumb_L1010798_1024

Gang-gang sempit dengan toko-toko pernak pernik dan souvenir


Di Granada banyak restoran kebab.. kami makan di Kebab King, waktu kami sedang pesan makanan,  radio lokal yang disetel pemilik resto tiba2 melantunkan nasyid berbahasa Indonesia, tiba-tiba kangen pingin makan nasi..  

Kebab nya lumayan enak, satu porsi kebab dengan nasi dan salad harganya 4,5 euro sudah termasuk satu soft drink kalengan. Porsi makanannya sangat besar untuk perut saya.

Setelah makan kami kembali jalan kaki naik ke ke arah hotel menuju Plaza San Nicholas. Disini adalah spot tempat melihat sunset dan Alhambra dari kejauhan.

 

ALHAMBRA

Alhambra, kompleks benteng dan istana yang sangat luas. Letaknya di atas bukit. Perlu waktu satu hari untuk explore Alhambra. Kebanyakan orang visit melalui group tour karena informasi untuk cara beli tiket individual tidak terlalu banyak.  Sebenarnya cukup mudah juga bagi individual traveller yang mau melihat Alhambra.

Tiket Alhambra dibatasi jumlahnya per-hari. Sebaiknya booking tiket dahulu jauh-jauh hari sebelum tiba di Granada. Kami booking tiket 2 minggu sebelum berangkat. Booking tiket online hanya bisa dilakukan melalui website Alhambra: http://www.ticketmaster.es/en/tickets-family/alhambra-general/2/

Cara booking tiket Alhambra:  pertama-tama kita buka dulu web nya.. Pilih Alhambra y Generalife.  Tiket masuk Alhambra ada 2 sesi timeslot.. harus dipilih salah satu sesi antara pagi jam 8.30- 14.00 dan siang jam 14.00-18.00 . Setelah itu langkah selanjutnya adalah memilih sesi visit ke Nasrid Palace yang dibatasi hanya untuk 100 pengunjung per 30 menit sesi. Kartu kredit diperlukan untuk membayar booking online tersebut. Jangan lupa diprint sebagai bukti. Kartu kredit yang dipakai juga harus dibawa untuk menukar kode booking dengan tiket asli Alhambra.

Kami pilih sesi pagi dan jam 13.00 untuk Nasrid Palace nya.

Bila tidak mau repot, ada juga beberapa hotel yang dapat diminta mem-booking tiket di hari kita mau berkunjung dengan tambahan biaya tertentu.

GENERALIFE

Adalah kompleks taman dalam Alhambra. Idealnya dikunjungi saat bunga-bunga di Generalife bermekaran, sekitar bulan Mei, Juni. Sangat indah dan terawat baik.

Saat ini, di akhir November tidak banyak bunga yang mekar, diantaranya ada lavender, beberapa jenis mawar dan bunga sejenis delima kecil yang tumbuh liar bagai semak-semak.

Air ada dimana-mana.. kolam air kecil, pancuran dan kolam besar..

Keluar dari Generalife jalan kaki 15 menit menuju Alcazaba, Charles V Palace dan Nasrid Palace…

 

ALCAZABA

Alcazaba dibangun sebagai pusat militer dalam komplek Alhambra. Disini juga berfungsi sebagai benteng dan tempat kediaman royal guard.

thumb_L1020019_1024

Ada beberapa menara dalam kompleks Alcazaba. Beberapa tempat tertutup untuk pengunjung. Tidak banyak yang dapat dilihat. Naik tangga ke beberapa menara dan melihat reruntuhan tempat penyimpanan senjata.

thumb_L1020027_1024

Didepan gerbang Alcazaba ada semacam plaza dengan cafe kecil yang menjual minuman dan makanan kecil. Di sekitar plaza ini banyak kucing-kucing berjemur.

Menuju pintu keluar Alcazaba, melewati taman kecil yang indah..

thumb_L1020038_1024

Di depan Alcazaba ada kompleks Istana Emperor Charles V. Kakek dari Raja Spanyol inilah yang mengalahkan Emir Granada.

CHARLES V PALACE

Charles V, Raja Spanyol membangun istana ini sewaktu mengunjungi Alhambra dalam perjalanan keliling daerah kekuasaannya. Design istana ini bergaya Roman, yang sangat berbeda gaya dengan bangunan lain di Alhambra. Istana Charles V dibangun pada tahun 1526.

Saat ini beberapa ruang dalam kompleks istana Charles V di fungsikan sebagai museum.

 

thumb_L1020047_1024

NASRID PALACE

Nasrid Palace, istana tempat kediaman penguasa Granada. Alhambra, lambang puncak kejayaan kekuasaan Dinasti Nasrid dibangun setelah jatuhnya ke Khalifahan Islam Cordova, sekitar abad ke-12. 

Istana yang sangat indah, penuh dengan detail dan mozaic dari lantai, dinding sampai dengan langit-langitnya.

The Mexuar

Detail dari mozaic di dinding dan langit-langit Nasrid Palace..

Patio de los Arrayanes (the Court of the Myrtles)

thumb_L1020106_1024

Palace of the Lions, dibangun oleh Mohammed V sebagai tempat kediaman resmi keluarga kerajaan. Bagian paling indah dari seluruh kompleks Alhambra ada disini. Ruangan-ruangan di sekeliling patio sangat kompleks dan tidak terbayang bagaimana dulu membuat begitu banyak detail mozaik.

Patio de la Reja (Patio of the Wrought Iron Grille)

thumb_L1130001_1024

Daraxa’s Garden

 

GARDEN OF THE PARTAL

Pohon kesemek yang penuh dengan buah..

thumb_L1130046_1024

Dari Partal kami menuju pintu keluar…tidak terasa 4 jam di dalam kompleks Alhambra.  Masih terasa kurang lama dan merasa banyak bagian-bagian yang belum di explore karena keterbatasan waktu.

 

Next posting …. Spain Trip  : MADRID (4)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s