SPAIN TRIP : CORDOBA

Jarak kota Barcelona ke Cordoba cukup jauh, sekitar 800-an km, dengan kereta  api cepat AVE ditempuh selama 4,5 jam. Kami berangkat ontime dari Barcelona jam 8.30 dan tiba di Cordoba jam 13.12.

Sedikit bercerita tentang per-kereta apian di Spanyol. Spanyol saat ini memiliki sistem per-kereta api an salah satu yang terbaik di dunia. Besar wilayah dan jarak antar kota di Spanyol menyebabkan belum semua kota terkoneksi dengan kereta api. Tetapi kota-kota besar, terutama yang banyak dikunjungi turis, umumnya dapat dijangkau dengan kereta api.

Kereta api cepat AVE (Alta Velocidad Espanola) dengan kecepatan rata-rata 300km/jam membuat jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang relatif singkat.

Kami beli tiket online di website Renfe, perusahaan nasional kereta api di Spanyol. Kalau belinya jauh-jauh hari bisa dapat harga promo yang sangat murah. Tiket bisa di print atau diupload ke hp smartphone dan ditunjukkan pada petugas di stasiun.

Ada 3 kelas tempat duduk kereta api AVE. Kelas yang paling murah,  Turista sudah sangat bagus. Tempat duduknya 2 – 2 dalam satu baris. Ruang antara kaki nya lebar, tempat duduk bersih dan nyaman seperti gambar di bawah. Tempat bagasi ada di ujung gerbong dan cabin size bagasi dapat diletakkan di atas kepala.

Sampai Cordoba siang hari, cuaca cerah tapi agak sedikit mendung. Dari stasiun kami naik taksi ke hotel. Kebetulan dapat penginapan di sekitar Mezquita, di daerah Old City Cordoba.

Makan siang di restoran kecil di belakang hotel. Jalanan di sekitar Mezquita berupa gang-gang sempit dengan toko-toko dan restoran kecil di kanan kirinya.

Makin sore cuaca makin mendung lalu hujan turun… kami masuk ke dalam pintu gerbang Mezquita untuk menghindari hujan.

PATIOS de LOS NARANJOS (Orange Tree Courtyard)

Masuk dalam gerbang kompleks Mezquita Cathedral, ditengah-tengahnya ada taman (Orange Garden).

thumb_L1010537_1024

 

MEZQUITA CATHEDRAL 

Mezquita adalah bahasa spanyol dari Mosque. Lokasi tempat Masjid Agung dan Katedral  Cordoba ini dibangun dulunya adalah kuil Romawi tempat pemujaan Dewa Janus, lalu sewaktu bangsa Visigoth berkuasa menjadi Katedral. Sewaktu Cordoba dikuasai umat Muslim, katedral Visigoth ini di bangun menjadi Masjid yang megah dengan kubah lengkung (arches) mencapai 1.293 arches (sekarang tinggal 856 arches). Tahun 1236 Bangsa Muslim terusir dari Cordoba dan oleh Raja Ferdinand II penguasa Cordoba, Mesjid Agung ini kembali di rubah menjadi Katedral Katolik yang masih digunakan sampai sekarang.


thumb_L1010591_1024

Mihrab tempat Imam memimpin sholat masih terpelihara dengan kondisi yang sangat baik.

Katedral di dalam Mezquita

thumb_L1130094_1024

ROMAN BRIDGE

Sore hari jalan ke arah Roman Bridge (Puente Romana). Jembatan megah ini dibangun pada sekitar tahun 1 Sebelum Masehi, sewaktu bangsa Romawi menguasai Cordoba. Jembatan ini melintang di atas sungai Guadalquivir yang membelah kota Cordoba menjadi 2.

thumb_L1010621_1024

Terlihat kokoh dengan 16 arches dan lebar jembatan sekitar 9 meter.

thumb_L1010651_1024

Turun ke bagian bawah jembatan… banyak bebek disini, ada beberapa anak kecil memberi makan bebek di situ.

 

LA JUDERIA / JEWISH QUARTER

Nonton bola, hari ini pas ada pertandingan bola antara FC Barcelona dan Real Madrid.. El Clasicco. Dijalanan sepii .. semua pada nonton bola..

thumb_L1010696_1024

PATIOS

Cordoba terkenal dengan patio (teras bunga di tengah2 rumah). Sayang kami datang di musim dingin jadi tidak banyak bunga-bunga yang bisa dilihat.

thumb_L1010739_1024

thumb_L1010764_1024

thumb_L1010763_1024

PLAZA DE LA CORREDERA 

Disebut juga Plaza Mayor Cordoba.. tempat hang out penduduk lokal. Lumayan jauh juga jalan kaki dari arah Mezquita.

thumb_L1130115_1024


 

  

PIAZZA DE LAS TENDILLAS

thumb_L1130125_1024.jpg

thumb_L1130121_1024

 

3 hari 2 malam di Cordoba, diseling perjalanan ke Granada. Masih bagian bagian Cordoba banyak yang belum sempat di explore, terutama daerah New City dan Madinat Alzahra, ibukota kekhalifahan Cordoba yang tinggal puingnya saja..

Next posting:  GRANADA + ALHAMBRA 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s