Spain Trip : SEVILLA (2) … Real Alcazar de Sevilla + Plaza de Espana

REAL ALCAZAR OF SEVILLE (ROYAL PALACE of SEVILLE)

Terletak di tengah-tengah kota, dekat dengan Cathedral Royal Palace ini masih berfungsi sebagai kediaman resmi anggora kerajaan Spanyol bila berkunjung ke Sevilla. Bangunan indah ini wajib dikunjungi bila ke Seville. Tiket bisa di booking lewat online, untuk menghindari antrian, atau bisa juga beli langsung di loket di dalam, setelah melewati pintu gerbang merah.

Pintu gerbang masuk Royal Palace melalui Puerta de Lion (the Lion Gate)

thumb_L1130143_1024

Seville Royal Palace ini termasuk situs yang dilindungi dan salah satu Unesco World Heritage Sites di Spanyol. Secara keseluruhan Royal Palace/ Alcazar ini terbagi menjadi 2 bagian: satu bagian bergaya Moorish dan bagian lain bergaya Gothic.

Bagian pertama dari kompleks Alcazar ini dibangun oleh Almohades, muslim dinasti Moor yang menguasai Seville di tahun 1161. Fokus utama Alcazar, istana Almohades ini ada di sekitar Maiden Courtyard . Bagian Istana ini bergaya Moorish dengan banyak design tapal kuda dan mozaic khasnya dan tulisan kaligrafi Arab di beberapa tempat.

Bagian kedua dari kompleks Alcazar sangat berbeda dengan bagian pertama. Bagian kedua ini kental dengan gaya arsitektur Gothic dengan arches di langit-langitnya.

Patio de las Doncellas ( the Courtyard of the Maidens ) 

Ini adalah bagian paling indah dari Alcazar dengan reflecting pool di tengah-tengah patio, bergaya Moorish dengan design tapal kuda dan pernah digunakan untuk syuting film Kingdom of Heaven.

Sepintas mirip dengan Nasrid Palace di Alhambra, Granada.

thumb_IMG_3088_1024thumb_IMG_3094_1024

Salon de Embajadores (Hall of the Embassador)

thumb_IMG_3091_1024

Detail keramik di Alcazar..

thumb_L1130177_1024

 

The Gothic Palace

thumb_L1130270_1024

 

The Bath of Lady Maria de Padilla

Cukup sulit mencari tempat ini karena agak masuk ke bawah tanah… akses masuknya berada lewat taman, dekat kolam besar. Sayang sekali saat kami datang sedang di renovasi, kolamnya tidak ada airnya.

thumb_L1130342_1024

 

ROYAL GARDEN

Tiket masuk Royal Palace juga termasuk mengunjungi Royal Garden-nya. Taman ini terbagi 2 dengan bangunan semacam grotto di tengah-tengah taman.  Seperti hal nya design Moor, banyak pancuran-pancuran dan kolam-kolam air kecil disini.

thumb_L1130281_1024thumb_L1130292_1024

thumb_L1130306_1024thumb_L1130299_1024

thumb_L1130265_1024

Keramik terlihat ada di sana sini.. perpaduan bermacam keramik dan hijaunya tanaman membuat taman ini jadi terlihat indah, banyak sopt-spot menarik di Royal Garden ini. Pohon jeruk tampak mendominasi taman. Bila berkunjung saat summer pasti akan lebih indah lagi dengan bunga-bunga yang bermekaran.

thumb_L1130328_1024

Bahkan tangga di taman-pun di lapisi keramik juga..

Royal Palace buka dari jam 9.30 pagi.. sebaiknya sepagi mungkin datang kesini supaya bisa lebih tenang menikmati sebelum rombongan group tour tiba. Lantai 2 tidak dibuka untuk umum karena masih berfungsi sebagai tempat kediaman resmi Royal Family bila berkunjung ke Sevilla.

Kurang lebih 3 jam kami melihat-lihat Real Alcazar of Seville, berikutnya setelah dari Royal Palace dan makan siang, kami jalan kaki menuju Plaza de Espana.

 

PLAZA de ESPANA

Dibangun pada tahun 1929 sebagai bagian dari Ibero-American Expo World’s Fair. Bangunan megah ini terletak sedikit di luar city center, ada di dalam di kompleks Maria Luisa Park. Dari city center bisa jalan kaki sekitar 15 menit, naik taksi atau bisa juga naik kereta kuda.

Plaza de Espana pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Star Wars. Merupakan public space yang ramai dikunjungi penduduk lokal dan turis. Untuk masuk dan melihat-lihat plaza ini tidak dipungut bayaran. Penjual kaki 5 ada beberapa yang jualan di sekitar plaza.

thumb_L1130453_1024

Di depan Plaza de Espana ada sungai / kanal kecil, ada tempat sewa boat menyusuri kanal yang bersih ini.

thumb_L1130396_1024thumb_L1130402_1024

Ada 4 jembatan yang melintasi sungai kecil di depan plaza. Masing-masing jembatan mencerminkan 4 kerajaan jaman dahulu di Spanyol, yaitu Castille, Leon, Aragon dan Navarra.

Di sekeliling bagian depan bangunan ada 48 cerukan yang mencerminkan 48 propinsi di Spanyol, beberapa di antaranya ada Cordoba, Barcelona, Sevilla.

Bagian paling menarik adalah keramik-keramik yang digunakan disini… bermacam-macam desain dan membuat bangunannya lebih hidup, tidak kaku.

 

 

thumb_L1130429_1024

Makin sore makin ramai pengunjung yang ber foto-foto di sekitar Plaza de Espana. Penduduk lokal juga banyak yang ber-jalan-jalan disini.

Hari makin sore, cuaca semakin dingin.. saatnya kami jalan kaki kembali ke penginapan..

 

Next posting ….  SPAIN TRIP :  Last Stop… MADRID 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s